Ragam  

Lakpesdam NU dan Kemendes PDTT Gelar Teori of Change Desa Inklusi untuk Kades di Sukoharjo

Lakpesdam NU bekerjasama dengan Kemendes PDTT menggelar Pelatihan Teori of Change (TOC). Kegiatan tersebut merupakan bagian dari program penguatan pemerintah dan pembangunan desa.

Sukoharjonews.com – Lembaga Kajian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Nahdlatul Ulama (Lakpesdam NU) bekerjasama dengan Kementerisn Desa PDTT menggelar Pelatihan Teori of Change (TOC) yang di ikuti oleh kepala desa (kades) di Kabupaten Sukoharjo. Kegiatan tersebut merupakan bagian dari program pengutana pemerintah dan pembangunan desa.


“Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam membangun desa, dan seperti komitmen Lakpesdam yaitu memastikan tak ada yang ditinggalkan dalam proses pembangunan,” kata Ketua Lakpesdam NU Sukoharjo, Muhamad Zainuddin, dalam rilis yang diterima Sukoharjonews.com, Jumat (10/3/2023).

Dikatakan Zainuddin, ada empat kepala desa yang diundang dalam kegiatan Teori of Change tersebut. Masing-masing Kepala Desa Mertan, Kenokorejo, Jatisobo, dan Kepala Desa Ngreco.

Sementara itu, Ketua PCNU Sukoharjo, Khomsun Nur Arif mengapresiasi program penguatan pemerintah dan pembangunan desa yang dinilai sangat penting untuk kemajuan desa di Kabupaten Sukoharjo.


“Kegiatan Teori of Change yang fokus pada program penguatan pemerintah dan pembangunan desa yang digelar oleh Lakpesdam bersama Kemendes PDTT sangat bagus, kedepan ini bisa jadi percontohan bagi desa lainnya,” kata Khomsun.

Raha Bistara, selaku Ketua Tim Lokal Program Penguatan Pemerintahan dan Pembangunan Desa (P3PD) Sukoharjo berharap pesatnya pembangunan di Sukoharjo berbanding lurus dengan tingkat kesejahteraan masyarakat Sukoharjo.

“Kita masih ingat bahwa Kabupaten Sukoharjo adalah kabupaten pertama yang memiliki perda dan perbup terkait dengan inklusi sosial desa, maka kita harus maksimalkan hal tersebut untuk pembangunan sumber daya manusia,” ujarnya. (nano)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *