Kreativitas Warga Desa Tegalsari Membuat Bilik Penyemprot Disinfektan

Warga Dukuh Dayu, Desa Tegalsari, Weru membuat bilik penyemprot disinfektan untuk mencegah penyebaran virus Corona.

Sukoharjonews.com (Weru) – Mewabahnya virus Corona membuat masyarakat berusaha melakukan berbagai upaya pencegahan. Paling konvensional adalah menggunakan masker dan sedia hand sanitizer. Namun, warga Dukuh Dayu, Desa Tegalsari, Weru melakukan hal yang berbeda, yakni membuat bilik sederhana untuk penyemprotan disinfektan. Bilik tersebut terbuat dari rangka bambu dan menggunakan dinding plastik.



“Didalam bilik tersebut kami menempatkan kipas angin air yang kemudian kami isi dengan disinfektan. Memang cukup sederhana tapi cukup efektif untuk menyemprot warga,” ujar Ketua Pemuda Dukuh Dayu, Ari Harmanto, Kamis (26/3/2020).

Menurutnya, warga kampung yang ingin disemprot tinggal masuk bilik dan menghidupkan kipas angin yang sudah terisi dengan cairan antiseptic. Dengan penyemprotan tersebut diharapkan warga kampung terhindar dari penyebaran virus Corona. Ketika kipas dihidupkan, ujar Ari, angin yang keluar disertai dengan uap air disinfektan. Warga sendiri membuat bilik tersebut secara swasembada dan dibuat dengan gotong royong warga.

Bilik penyemprot disinfektan tersebut kemudian ditempatkan di dekat fasilitas umum seperti mushala sehingga setiap warga dipersilahkan untuk masuk ke dalam bilik agar terhindar dari penyebaran virus. Terlebih lagi, saat ini sudah banyak warga perantauan yang pulang ke kampung sehingga dikhawatirkan membawa dan menularkan virus. Meski sederhana, diharapkan bilik penyemprot disinfektan tersebut efektif mencegah penyebaran virus.

Ketua RT setempat Tukimin menambahkan, saat ini warga membuat dua bilik penyemprot untuk warga. Untuk cairan disinfektan sendiri didapatkan dari pemerintah desa. Menurutnya, selain membuat bilik tersebut, warga juga berinisiatif melakukan penyemprotan disinfektan ke rumah-rumah warga. “Apa yang kami lakukan ini dalam upaya mencefah warga terkena virus Corona,” ujarnya. (erlano putra)



How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed