Ragam  

Kontak Erat Positif Corona Kembali Melejit, Ada Tambahan 172 Kontak Erat Baru

Waspada virus Corona, tetaplah di rumah. (ilustrasi)

Sukoharjonews.com (Sukoharjo) – Jumlah kontak erat positif corona kembali naik signifikan dalam update per 14 Juli kemarin. Ada penambahan 172 orang kontak erat baru hasil tracing dari kasus positof corona baru. Kontak erat tersebut berasal dari sembilan kecamatan. Saat ini, kontak erat yang masih dalam pantauan naik menjadi 2.367 orang dimana sebaran terbanyak ada di Kecamatan Mojolaban dan Kartasura.




“Kontak erat yang masih dipantau tersebut tersebar di 12 kecamatan. Secara akumulasi kontak erat mencapai 17.552 orang dan 15.185 orang diantaranya sudah selesai masa pemantauannya,” terang Jubir Satgas Penanganan Corona Sukoharjo, Yunia Wahdiyati, Kamis (15/7/2021).

Untuk sebaran 2.367 kontak erat sendiri, masing-masing Kecamatan Weru 118 orang, Bulu 198 orang, Tawangsari 155 orang, Sukoharjo 234 orang, Nguter 218 orang, Bendosari 162 orang, Polokarto 226 orang, Mojolaban 253 orang, Grogol 189 orang, Baki 222 orang, Gatak 139 orang, dan Kartasura 253 orang.

Seorang kontak erat sendiri didefinisikan memiliki riwayat dengan kasus probable atau konfirmasi positif corona atau memberikan perawatan langsung terhadap kasus probable. Probable sendiri diartikan kasus suspek dengan Ispa berat atau meninggal dengan gejala corona dan belum ada hasil pemeriksaan swab PCR.

Sesuai update per 14 Juli, dalam sehari hari terjadi kenaikan 121 kasus positif corona baru. Disisi lain, kasus sembuh atau selesai isoman tidak sebanyak penambahan kasus sehingga kasus positif aktif kembali naik. Saat ini kasus positif corona aktif naik jadi 718 kasus. Terdiri dari 599 orang isolasi mandiri, satu isolasi terpusat dan 118 orang menjalani rawat inap di rumah sakit.

Yunia mengimbau masyarakat tetap disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan (prokes) dalam upata mencegah penularan virus. Prokes dengan memakai masker, mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, dan mengurangi mobilitas menjadi cara efektif untuk mengantisipasi penyebaran virus. (erlano putra)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *