Kepala Sering Kliyengan? Cobalah Konsumsi Vitamin Berikut Ini!

Vitamin yang wajib dikonsumsi saat kepala pusing. (Foto: disway)

Sukoharjonews.com – Ada berbagai faktor penyebab mengapa kepala pusing kliyengan. Mulai karena terlalu lama berjemur di bawah sinar matahari yang terik, dehidrasi, sedang menstruasi, tekanan darah tinggi atau pun tekanan darah rendah. Tak jarang, kepala kliyengan ini juga disertai dengan sakit kepala di satu sisi atau yang lebih akrab disebut dengan migrain.


Dikutip dari Natural Farm, pada Sabtu (24/2/2024), inilah vitamin yang bisa dikonsumsi saat kepala kliyengan:

1. Vitamin C
Selain beberapa vitamin diatas, Anda juga bisa mengkonsumsi vitamin C untuk mengatasi kepala kliyengan. Vitamin C ini memiliki peran besar untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Saat tubuh daya tubuh terganggu, maka tubuh akan mudah terserang penyakit. Salah satunya adalah tubuh mudah lemah dan cepat pusing. Vitamin C ini bisa diperoleh secara mudah dari buah-buahan dan sayuran seperti brokoli, kubis, paprika, bayam, stroberi, jeruk, papaya, leci, dan lain-lain. Anda bisa mengkonsumsi makanan yang kaya vitamin C untuk mengatasi kepala kliyengan. Vitamin untuk kepala kliyengan sebaiknya mengambil dari bahan-bahan atau makanan alami sehingga tubuh tetap sehat dan bugar tanpa ketergantungan dengan konsumsi obat-obatan.

2. Vitamin D
Mengkonsumsi vitamin D ternyata mampu mengatasi kepala kliyengan karena menyeimbangkan hormone tiroid di dalam tubuh. Vitamin D ini bisa dikonsumsi oleh para penderita tiroiditis. Penderita ini lebih sering mengalami kepala pusing dan badan lemas. Anda bisa memperoleh asupan vitamin D secara alami seperti dari paparan sinar matahari pagi dan berbagai makanan bergizi lainnya. Vitamin D bisa diperoleh dari ikan sarden, tuna, salmon, minyak hati ikan cod, hati sapi, jamur, dan kuning telur.


3. Vitamin B1
Vitamin lainnya yang harus dikonsumsi untuk mengatasi kepala kliyengan adalah vitamin B1. Vitamin ini sangat penting untuk mengubah karbohidrat dari sumber makanan menjadi energi. Bila metabolisme tubuh tidak berjalan baik, maka kondisi tubuh kurang baik. Tentu saja ini berdampak pada kondisi tubuh menjadi lebih lemas dan cepat pusing. Anda bisa memenuhi konsumsi dan asupan vitamin B1 dari makanan seperti kacang polong, ikan salmon, kacang kedelai, daging, telur, dan sayur-sayuran.

4. Vitamin B12
Vitamin untuk kepala kliyengan lain adalah vitamin B12. Vitamin ini sangat terkenal untuk mengatasi kekurangan darah atau anemia. Vitamin B12 ini diperlukan dikonsumsi oleh wanita hamil, menyusui, menstruasi, dan hipotiroidisme. Vitamin B12 ini bisa diperoleh secara alami dari makanan seperti daging sapi, kerang, ikan salmon, susu, tempe, dan jeroan. Anda juga bisa mengkonsumsi sayur-sayuran dan buah yang mengandung vitamin B12 untuk memenuhi konsumsi vitamin B12 Anda.


Itulah tadi beberapa vitamin yang bisa dikonsumsi untuk mengatasi kepala kliyengan akibat dehidrasi, darah rendah, ataupun kondisi lainnya.(cita septa)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *