Kenali Lebih dalam Tentang Komedo Membandel

Mengenal komedo membandel. (Foto: Alodokter)

Sukoharjonews.com – Komedo adalah kondisi kulit yang sangat umum yang paling banyak menyerang wajah, leher, punggung, dan dada. Ada berbagai macam penyebabnya, termasuk terlalu banyak minyak pada kulit dan iritasi folikel rambut. Komedo umumnya menyerang remaja, namun bisa terjadi pada usia berapa pun.


Dilansir dari cleveland clinic, Senin (12/2/2024), komedo merupakan salah satu jenis jerawat (acne vulgaris) . Itu adalah benjolan terbuka di kulit yang berisi minyak berlebih dan kulit mati. Tampaknya ada kotoran di dalam benjolan, namun pantulan cahaya yang tidak teratur dari folikel yang tersumbat justru menyebabkan bintik hitam.

Komedo bukanlah jerawat. Jerawat adalah benjolan kecil, nyeri, berubah warna dengan cairan kental berwarna putih kuning (nanah) di ujungnya.

Siapa yang terkena komedo?
Komedo biasanya menyerang remaja dan dewasa muda yang mengalami perubahan hormonal. Namun, banyak orang dewasa yang terus mengalami jerawat hingga usia 20-an, 30-an, dan seterusnya. Beberapa bahkan mengalami komedo untuk pertama kalinya saat dewasa.

Seberapa umumkah kondisi ini?
Komedo sangat umum terjadi. Beberapa peneliti berpendapat bahwa komedo mempengaruhi hampir semua orang selama hidup mereka. Komedo paling umum terjadi pada remaja, namun 10% hingga 20% orang dewasa juga memiliki komedo.


Bagaimana komedo mempengaruhi tubuh saya?
Wajah Anda (terutama hidung dan dagu, terkadang pipi), leher, punggung, dan dada paling mungkin mengalami komedo. Namun, kelenjar minyak (sebaceous) ada di seluruh tubuh Anda. Mereka melepaskan pelumas berminyak yang disebut sebum yang membantu menjaga kulit dan rambut Anda tetap terhidrasi dan berkilau. Alhasil, meski tidak umum, komedo terkadang muncul di pantat, paha, telinga, dan ketiak.

Komedo tidak berdampak serius terhadap kesehatan fisik Anda, namun dapat memengaruhi Anda secara psikososial (bagaimana masyarakat dan kelompok sosial memengaruhi pikiran Anda) dan secara psikologis (persepsi diri dan perilaku Anda). Komedo dapat menyebabkan kecemasan, depresi, gangguan mood dan pikiran untuk bunuh diri.


Gejala dan Penyebab
Apa saja gejala komedo?

Komedo adalah bentuk jerawat yang lebih ringan. Benjolan gelap dan terbuka di kulit adalah ciri utama komedo. Mereka tidak sakit atau merasa tidak nyaman seperti komedo putih .

Apa penyebab komedo?
Kelenjar sebaceous terletak di seluruh tubuh Anda, dan sebagian besar terhubung ke folikel rambut . Komedo dan komedo putih merupakan komedo (tunggal komedo). Komedo merupakan komedo terbuka dan komedo putih merupakan komedo tertutup. Komedo terjadi ketika folikel rambut/kelenjar sebaceous meradang. Peradangan dapat terjadi akibat:

-Peningkatan produksi sebum (bahan berminyak yang diproduksi oleh kelenjar sebaceous).
-Pembentukan keratin yang tidak normal (protein yang membantu membentuk rambut, kulit, dan kuku Anda).
-Peningkatan hormon (androgen).
-Peningkatan kehadiran bakteri pada kulit yang menyebabkan jerawat.(patrisia argi)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *