Kegunaan Daun Jambu Biji yang Menakjubkan

Manfaat daun jambu biji.(Foto: titipku)

Sukoharjonews.com – Jambu biji, buah tropis yang diproduksi di Venezuela, Meksiko dan Kolombia biasanya dimakan segar atau dijadikan minuman, sedangkan kulit dan daunnya digunakan sebagai pengobatan rumahan dalam berbagai kondisi. Kebanyakan orang mengira jambu biji dikaitkan dengan seseorang yang terkena flu dan ini mungkin benar.


Dilansir dari Pharmeasy, Senin (15/3/2024), buah-buahan ini juga memiliki manfaat kesehatan. Jambu biji juga bermanfaat mengatasi masalah kesehatan berbahaya seperti tekanan darah tinggi, diare, diabetes, batuk dan berbagai jenis kanker. Faktanya, ini sangat baik untuk diabetes sehingga dapat dimasukkan dalam Rencana Diet Diabetes Anda.

Fakta umum tentang jambu biji
Jambu biji merupakan buah yang memiliki khasiat obat dan membantu mengatasi banyak masalah kesehatan seperti diare, tekanan darah dan lain sebagainya. Berikut beberapa fakta tentang jambu biji yang perlu Anda ketahui.

Fakta nutrisi tentang jambu biji
Jika nanas disebut raja buah-buahan, maka jambu biji disebut ratu buah-buahan karena khasiat dan kemampuannya sebagai obat. Jambu biji pertama kali dijual di pasar di Florida pada tahun 1847 dan antara tahun 1948 dan 1969, 21 petani jambu biji diperkenalkan di Hawaii. Salah satu ancaman utama terhadap pertumbuhan buah ini adalah penurunan suhu secara tiba-tiba dapat menyebabkan kematian pohon jambu biji. Berikut beberapa fakta nutrisi yang perlu Anda ketahui tentang jambu biji.


Jenis jambu biji
Kebanyakan pohon jambu biji memiliki karakteristik serupa, sementara ada beberapa yang tumbuh di daerah beriklim dingin yang tumbuh maksimal 12 kaki. Lainnya tumbuh di iklim hangat mencapai hingga 20 kaki. Tanaman jambu biji harus dirawat dengan baik selama musim dingin. Namun, bagi para pecinta fitnes, jambu biji bisa menjadi obat penurun berat badan. Berikut adalah daftar berbagai jenis jambu biji.

1. Varietas jambu biji merah muda dan merah
Jambu biji ini juga disebut jambu gurun dan biasanya rasanya manis dan berwarna merah jambu. Jenis jambu biji ini mudah didapat di pasaran sekitar Anda. Ini sering dijual di Hong Kong dan memiliki tekstur halus dengan biji lebih sedikit. Trah ini dianggap berkualitas tinggi.

2. Jambu Biji Berwarna Putih dan Kuning
Trah ini biasanya memiliki rasa asam dan ringan tanpa wewangian. Lapisan dalamnya tampak berwarna putih pucat atau kuning, sedangkan kulitnya tampak hijau jika sudah matang. Varietas ini juga bisa berubah warna menjadi merah muda saat matang.


Manfaat Jambu Biji untuk Kesehatan
Buah jambu biji disebut ratunya segala buah karena tingkat khasiat obatnya yang tinggi. Setiap porsi 100 gram buah jambu biji mengandung 68 kalori dan 8,92 gram gula. Ia juga kaya kalsium dan mengandung 18 gram mineral untuk setiap 100 gramnya. Hal ini menunjukkan bahwa buah ini memiliki kemampuan untuk membantu berbagai penyakit. Namun, agar Anda lebih paham mengenai topik tersebut, yuk intip manfaat jambu biji untuk kesehatan.

1. Jambu biji membantu meningkatkan kekebalan tubuh Anda
Jambu biji kaya akan vitamin C dan dikatakan mengandung empat kali lipat kandungan vitamin C yang terdapat pada jeruk. Vitamin C membantu meningkatkan tingkat kekebalan yang mempersiapkan tubuh Anda melawan infeksi dan patogen umum. Selain itu, lebih banyak vitamin C membantu penglihatan yang baik.


2. Dapat mengurangi risiko terkena kanker
Vitamin C, likopen, dan jenis polifenol lainnya berperan sebagai antioksidan yang membantu menetralkan infeksi dalam tubuh yang mencegah pertumbuhan sel kanker. Buah jambu biji terbukti dapat mencegah kanker prostat dan juga mencegah pertumbuhan sel kanker payudara.

3. Membantu mengatur kadar gula darah
Jambu biji memiliki kandungan serat dan indeks glikemik yang tinggi sehingga membantu mencegah perkembangan diabetes. Anda dapat merujuk ke Bagan Makanan Indeks Glikemik untuk mengetahui GI makanan lain dan mengubah pola makan Anda. Kandungan serat mengatur kadar gula darah agar tidak melonjak, sementara indeks glikemik juga membatasi kenaikan gula darah Anda dalam waktu singkat.

4. Jambu biji membantu menjaga kesehatan jantung
Jambu biji mengandung natrium dan kalium dalam jumlah tinggi yang membantu tubuh menyeimbangkan dan mengatur tekanan darah tinggi pada pasien yang menderita hipertensi. Jambu biji membantu mengurangi kolesterol yang merupakan salah satu penyebab utama penyakit jantung. Namun, buah ini meningkatkan kadar kolesterol baik dan menggantikannya dengan kolesterol jahat.

5. Membantu mengatasi sembelit
Jambu biji mengandung serat makanan baik dalam jumlah tinggi jika dibandingkan dengan buah lainnya. Satu buah jambu biji sehari mengandung 12 persen asupan serat sehingga sangat bermanfaat bagi kesehatan pencernaan. Ini juga membantu pergerakan usus yang sehat. Ini mengurangi risiko sembelit.(patrisia argi)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *