Kasus Baru di Weru dan Bulu Merupakan Pemudik Dari Semarang dan Jakarta, Ini Kronologinya

Kepala Dinas Kesehatan yang juga Jubir Gugus Tugas Percepatan Penanganan Corona Sukoharjo, Yunia Wahdiyati.

Sukoharjonews.com (Sukoharjo) – Dua kasus positif corona terakhir berasal dari Desa Karangasem Kecamatan Bulu dan dan Desa Ngreco Kecamatan Weru. Kedua pasien ternyata juga pemudik. Untuk kasus ke-90 (Weru) merupakan pemudik dari Semarang dan kasus ke-91 (Bulu) merupakan pemudik dari Jakarta. Saat ini, keduanya dirawat inap di rumah sakit karena mengalami gejala sakit.



“Kasus positif ke-90 dan ke-91 sebelumnya sudah menderita sakit namun tidak sembuh-sembuh hingga akhirnya memutuskan untuk kembali ke Sukoharjo,” jelas Jubir Gugus Tugas Percepatan Penanganan Corona Sukoharjo, Yunia Wahdiyati, Senin (29/6/2020).

Terkait dua kasus tersebut, untuk kasus ke-90 dari Weru merupakan penjual buah di pasar tradisional di Semarang. Yang bersangkutan merasakan sakit sejak 18 Juni dan sudah melakukan pemeriksaan kesehatan ke rumah sakit di Semarang namun tak kunjung sembuh. Tanggal 21 Juni, pasien pulang ke Sukoharjo naik motor bersama suaminya dan keesokan paginya periksa ke dokter praktik swasta di Weru.

Karena kondisi tidak membaik, ujar Yunia, yang bersangkutan periksa ke sebuah rumah sakit swasta di Sukoharjo. Namun, karena kondisi terus memburuk dengan mengalami sesak nafas disertai penyakit kormobid (jantung dan paru), maka pada 23 Juni pasien dirujuk ke rumah sakit rujukan corona Sukoharjo.

Untuk kasus ke-91 (Bulu), merupakan penjual jamu di Jakarta dan karena ada pandemi corona selama dua bulan tidak berjualan dan tetap tinggal di Palmerah. Keluhan lambung dirasakan sejak 30 April dan karena tidak kunjung sembuh diputuskan pulang ke Bulu tanggal 17 Juni. Pasien dirwat di sebuah rumah sakit swasta di Sukoharjo mulai 20 Juni sebagai PDP dan pada 26 Juni dinyatakan positif berdasarkan hasil swab.

“Hingga saat ini, kontribusi pemudik pada kasus positif corona di Sukoharjo sudah ada 19 orang,” tambah Yunia. (erlano putra)



How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed