Jangan Sampai Terlewat, PPDB Online SMP Tahap 2 Sudah Dimulai, Berakhir 19 Juni

Tahapan PPDB Online tingkat SMP Sukoharjo.

Sukoharjonews.com (Sukoharjo) – Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) online jenjang SMP untuk tahap 2 sudah dimulai. Sesuai jadwal, untuk tahap 2 yang meliputi jalur zonasi, afirmasi, prestasi dan perpindahan tugas orang tua dilaksanakan 15-19 Juni. Hingga dua hari pelaksanaan PPDB online tahap 2, sejumlah sekolah diketahui sudah berhasil memenuhi kuota dan disisi lain banyak juga sekolah yang masih kekurangan pencaftar.



“Untuk yang tahap 1 sudah selesai dan saat ini untuk tahap 2 yang akan berakhir 19 Juni mendatang,” ujar Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Sukoharjo, Darno, Selasa (16/6/2020).

Dalam PPDB online tahap w ini, masyarakat dapat memantau perkembangan pendaftar di http://ppdb-sukoharjo.net. Darno berharap kuota yang disediakan di masing masing sekolah sesuai jalur dapat dipenuhi semua. Menurutnya, saat ini sudah ada aturan terkait pelaksanaan PPDB SMP termasuk dalam proses seleksi.

Contohnya, jika jumlah pendaftar jalur zonasi melebihi daya tampung, sedangkan jumlah pendaftar jalur lain belum terpenuhi, maka pendaftar dari jalur zonasi bisa mengisi kekurangan daya tampung di jalur lain dalam sekolah tersebut. Contoh lain, apabila ada situasi dalam sekolah dimana jika jumlah pendaftar disemua jalur melebihi daya tampung, maka pendaftar yang nilainya dibawah passing grade akan digeser ke pilihan berikutnya.

“Untuk pendaftar jalur prestasi atau afirmasi luar zonasi bisa diterima jika nilainya minimal sama dengan batas bawah jalur zonasi atau afirmasi dalam zonasi,” ujarnya.

Disinggung soal awal masuk sekolah, sesuai edaran disebutkan pada 13 Juli mendatang, namun Pemkab Sukoharjo sendiri memperpanjang status KLB corona hingga 31 Juli mendatang. Untuk itu, Darno mengaku awal masuk sekolah akan menuggu kebijakan selanjutnya dari Pemkab Sukoharjo. (erlano putra)



How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed