Jalan Nasional Sepanjang 262 Km di DIY Dipastikan Siap Sambut Mudik Lebaran 2023

Jalan Nasional di Provinsi DIY siap menyambut arus mudik lebaran 2023. (Foto: Dok Kementerian PUPR)

Sukoharjonews.com (Kulon Progo) – Direktorat Jenderal Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus meningkatkan kesiapan infrastruktur jalan nasional di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) untuk menyambut momentum mudik dan Arus Mudik Lebaran 2023.


Direktur Pembangunan Jalan, Ditjen Bina Marga, Satrio Sugeng Prayitno mengatakan untuk persiapan mudik lebaran Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional Jawa Tengah-DI Yogyakarta tengah menangani empat paket pekerjaan di Provinsi DI Yogyakarta yang meliputi Rekonstruksi Jalan Bts. Wates – Milir – Sentolo (MYC 2022-2023), Rehabilitasi dan Pelebaran Jalan Karangnongko – Yogyakarta – Prambanan (MYC 2022 – 2023), Preservasi Jalan Yogyakarta – Wonosari – Duwet (SY), dan Preservasi Jalan Yogyakarta – Tempel – Pakem – Prambanan – Yogyakarta (SY).

“Jadi saat ini ada empat pekerjaan preservasi sedang berjalan inshaallah H-14 bisa selesai. Jadi kesiapan 262km siap untuk menyambut kegiatan jalur mudik termasuk 112km Pansela yang telah tertangani di DIY bisa menjadi alternatif, ” kata Satrio, dilansir dari laman Kementerian PUPR, Sabtu (1/4/2023).


Satrio juga menjelaskan bahwa dalam mendukung kelancaran arus lalu lintas pihaknya memastikan jalan bebas lubang menjelang arus mudik lebaran. “Untuk penanggulangan lubang agar zero hole sudah kami laksanakan, saat ini teman-teman sudah bekerja semua dan H-14 harapannya sudah tidak ada lubang di seluruh jalan di D.I. Yogyakarta” jelas Satrio.

Selain itu, untuk memperlancar konektivitas lintas selatan dan mempermudah akses wisata ke kawasan pantai, BBPJN Jawa Tengah-DIY telah membuka secara fungsional Jembatan Kretek 2 pada 31 Januari 2023 lalu sehingga dapat menjadi alternatif bagi pemudik menuju jalur lintas selatan jawa. (nano)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *