Intip Kebiasaan yang Jarang Disadari Ini Bisa Bikin Tumit Kaki Kering dan Pecah-Pecah

Sukoharjonews.com –Salah satu permasalahan kulit kaki yang sering dialami adalah tumit kering dan pecah-pecah. Selain menimbulkan rasa tidak nyaman, hal ini juga bisa menurunkan rasa percaya diri karena mengganggu penampilan. Berbagai cara sudah dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut, namun terkadang masih belum membuahkan hasil yang diinginkan.


Dilansir dari Medical News Today, Kamis (9/3/2023), bisa jadi penyebabnya ada pada kebiasaan sehari-hari yang jarang disadari, namun sebenarnya bisa membuat tumit kaki kering dan pecah-pecah. Oleh karena itu, penting untuk memperhatikan rutinitas harian yang bisa membuat tumit kaki menjadi lebih lembap, sehat, dan mulus.

Cara Merawat Tumit Kaki agar Tidak Kering dan Pecah-Pecah
Jangan khawatir, salah satu cara merawat tumit kaki agar tidak kering dan pecah-pecah adalah dengan menghindari 7 kebiasaan berikut ini.

Berdiri Terlalu Lama
Padatnya rutinitas kadang tanpa sadar membuat kamu harus berdiri terlalu lama. Namun, kebiasaan ini rupanya bisa berdampak buruk pada tumit kaki. Berdiri terlalu lama, baik di permukaan yang keras maupun alas kaki yang keras, dapat membuat tumit kaki jadi pecah-pecah.

Solusinya, cobalah sebisa mungkin untuk menghindari berdiri dalam waktu yang terlalu lama. Hindari pula berdiri dalam satu posisi atau duduk dengan kaki disilangkan terlalu lama. Selain itu, gunakan alas kaki dengan bahan empuk, terutama di bagian tumit kaki.


Menggunakan Sepatu Tertutup atau High Heels dalam Jangka Waktu Lama
Penggunaan alas kaki yang tidak tepat juga dapat menyebabkan tumit kaki pecah-pecah. Misalnya sepatu tertutup atau high heels, ditambah pula jika kamu menggunakannya secara non stop dalam waktu yang terlalu lama.

Dilansir dari Medical News Today, penggunaan sepatu tertutup membuat area kaki menjadi panas karena tidak ada sirkulasi udara yang baik. Akibatnya, keringat di sekitar kaki tidak menguap dan membuat tumit kaki menjadi kering hingga pecah-pecah.

Selain itu penggunaan high heels atau sepatu berhak tinggi terlalu lama juga bisa menjadi salah satu faktor. Sebab, beban di tumit menjadi lebih besar. Pada akhirnya, kulit di area tumit akan lebih beresiko mengalami pecah-pecah.


Penggunaan Alas Kaki yang Tidak Tepat
Selain penggunaan jenis sepatu tertentu, ukuran alas kaki yang tidak tepat juga bisa membuat tumit kaki menjadi kering dan pecah-pecah.

Misalnya, ukuran sepatu yang terlalu ketat atau sempit akan membuat sirkulasi udara di area kaki tidak berjalan lancar. Efeknya, kulit pada bagian tumit menebal dan beresiko menjadi pecah-pecah.

Solusinya, pastikan kamu menggunakan alas kaki dengan ukuran yang tepat, tidak terlalu longgar dan tidak terlalu sempit. Serta, pilih alas kaki dengan bantalan yang nyaman dan empuk untuk meminimalisir gesekan konstan agar tumit tetap terjaga dengan baik.

Sering Berada di Ruangan Ber-AC atau Kondisi Luar Ruangan Terlalu Panas
Apakah kamu sering menghabiskan waktu di ruangan ber-AC? Jika ya, bisa jadi ini kebiasaan yang menyebabkan tumit kaki kering dan pecah-pecah.Pasalnya, AC dapat menurunkan kelembapan udara. Rendahnya tingkat kelembapan ruangan berbanding lurus pula pada kulit, sehingga membuat kulit menjadi cepat kering dan tidak terhidrasi dengan baik.


Selain ruangan ber-AC, jika kamu seharian beraktivitas di luar ruangan dalam kondisi cuaca panas, kamu juga patut berhati-hati. Terlebih apabila kamu tidak menggunakan kaos kaki.Ketika cuaca panas, penggunaan alas kaki akan membuat area kaki menjadi berkeringat dan lembap. Jika dibiarkan, kondisi kaki akan menjadi lembap yang bisa memicu kapalan pada kaki.

Seiring berjalannya waktu, kulit kapalan akan menebal dan bisa mengakibatkan tumit pecah-pecah. Solusinya, gunakanlah kaos kaki dengan bahan yang tepat, misalnya seperti sintetis, untuk menyerap keringat sekaligus menjaga kelembapan.

Mandi Terlalu Lama
Kebiasaan mandi terlalu lama bisa menghilangkan kelembapan alami kulit. Akibatnya, kulit kaki mudah kering hingga pecah-pecah.Salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan mandi tidak terlalu lama. Selain itu, kamu juga bisa menjaga kelembapan usai mandi dengan menggunakan krim khusus tumit kaki.(patrisia argi)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *