Inilah Kenapa Jerawat Sering Terasa Gatal

Penyebab jerawat gatal. (Foto: Pixabay)

Sukoharjonews.com– Jerawat memang cukup buruk, tetapi jika noda Anda mulai terasa gatal, hal ini bisa membuat Anda semakin frustrasi. Tidak hanya terlihat buruk, namun sekarang juga menyebabkan ketidaknyamanan bagi Anda.


Dilansir dari Bodewellskin, Sabtu (2/3/2024),untuk membantu Anda mengatasi kondisi kulit yang umum ini, yuk simak apa saja penyebab jerawat gatal dan apa yang bisa Anda lakukan untuk mengobatinya. Kami juga akan membahas strategi untuk mencegahnya.

Jerawat apa pun yang Anda miliki bisa menjadi gatal. Bukti menunjukkan bahwa efek samping ini biasa terjadi. Faktanya, 70% pasien jerawat melaporkan gatal pada penelitian ini . Jerawat gatal Anda mungkin terlihat seperti benjolan atau bercak merah di kulit Anda. Ini mungkin juga terlihat seperti komedo putih , komedo hitam , atau kista, tergantung pada jenis jerawat yang Anda hadapi.

Selain itu, Anda mungkin memperhatikan kulit di bawah jerawat Anda kering . Anda mungkin melihatnya terkelupas atau retak juga.

Dimana Munculnya?
Anda bisa mendapatkan jerawat gatal di bagian tubuh mana pun yang mengalami jerawat. Ini termasuk wajah, dada, dan punggung Anda . Bahkan ada kemungkinan timbulnya jerawat gatal di kulit kepala, bahu, atau di sekitar alat kelamin Anda.


Kondisi Serupa
Hanya karena Anda memiliki jerawat yang gatal bukan berarti Anda sedang mengalami jerawat yang gatal. Menurut American Academy of Dermatology Association , salah satu kondisi mirip jerawat, folikulitis, juga sangat gatal.

Dengan folikulitis, Anda akan melihat munculnya benjolan merah secara tiba-tiba yang disebabkan oleh kerusakan pada folikel rambut. Begitu terjadi kerusakan, kuman dapat masuk ke area tersebut dan menyebabkan peradangan. Peradangan itu bisa menyebabkan rasa gatal.

Jika Anda tidak yakin apakah benjolan gatal yang Anda alami adalah jerawat atau bukan, sebaiknya temui dokter kulit. Mereka dapat memberi tahu Anda apa masalahnya dan menyusun rencana pengobatan.


Penyebab Jerawat Gatal
Banyak faktor berbeda yang berperan dalam berkembangnya jerawat gatal. Berikut ini beberapa yang paling umum.

Kulit kering
Kulit kering seringkali terasa gatal. Jadi jika Anda sudah memiliki kulit kering, kemungkinan besar Anda akan mengalami jerawat gatal saat berjerawat.

Berkeringat Berlebihan
Pernahkah Anda mendengar tentang jerawat keringat? Jika Anda membiarkan keringat di kulit terlalu lama, pori-pori akan tersumbat dan dapat menyebabkan benjolan merah atau merah muda.

Dan jika Anda memiliki jerawat di area yang terkena keringat, jerawat tersebut dapat teriritasi saat Anda berolahraga atau keluar rumah saat cuaca panas dan lembap. Artinya, berkeringat tidak hanya menyebabkan jerawat gatal, tetapi juga memperburuknya.


Paparan Sinar Matahari
Terlalu banyak paparan sinar matahari dapat membuat kulit menjadi kering dan gatal. Jadi jika Anda sering berjerawat dan menghabiskan banyak waktu di luar ruangan, sinar matahari bisa menjadi penyebab masalah Anda.

Proses Penyembuhan Alami
Saat tubuh Anda memperbaiki dirinya sendiri, ia melepaskan lapisan kulit lama dan menggantinya dengan sel kulit baru. Hal ini diperlukan untuk menyembuhkan noda dan membuat kulit Anda terlihat lebih baik. Namun sayangnya, proses penyembuhan ini bisa membuat kulit Anda terasa gatal.


Reaksi Terhadap Iritan
Produk dan alergen tertentu dapat menyebabkan kulit gatal. Begitu juga dengan beberapa bahan kimia, seperti benzoil peroksida. Karena ini adalah bahan umum dalam banyak perawatan jerawat, mengaplikasikannya sebenarnya bisa membuat jerawat Anda semakin parah sebelum menjadi lebih baik.

Namun bukan hanya benzoil peroksida yang dapat menyebabkan masalah ini. Sabun, pewangi, dan pembersih tertentu dapat mengiritasi kulit dan membuat Anda ingin menggaruk juga. Saat Anda mengalami iritasi, tubuh Anda melepaskan bahan kimia yang disebut histamin, yang menyebabkan rasa gatal.(Patrisia argi)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *