Inilah Cara Mengatasi Rasa Mudah Marah pada Saat Lapar

Cara mengatasi rasa mudah marah pada saat lapar. (Foto : iStockphoto )

Sukoharjonews.com – Selain kurang konsentrasi, maag kambuh, dan lemas, salah satu efek negatif dari lapar adalah gampang baper dan emosi. Dua efek dari lapar ini tidak boleh dianggap sepele karena berpotensi jadi masalah besar. Apalagi kalau sampai bikin kita kesal atau bad mood berlebihan saat masalah kecil terjadi padamu yang dalam kondisi belum makan.


Dilansir dari Nutrisense, Senin (27/3/2023), kadar gula darah atau glukosa kita dapat menurun sebelum makan. Saat penurunan ini terjadi, tubuh kita melepaskan hormon (hormon stres) yang bisa menyebabkan orang cepat terpancing amarahnya.

Pengaruh pelepasan hormon ini pada setiap orang berbeda-beda. Sebagian orang bisa lebih agresif akibat hormon stresnya, ada juga yang fungsi otaknya menjadi terganggu alias sulit berpikir atau berkonsentrasi. Selain itu ada juga yang merasa lemas, pusing, mual dan sakit perut karena rasa lapar yang belum teratasi.

1. Segera Makan
Solusi dari rasa lapar tentunya adalah makan. Segerakanlah makan untuk membantumu mengatur emosi negatif dan meredakannya agar kamu tidak marah berlebihan saat kelaparan. Memang lebih baiknya, makanlah teratur setiap harinya bahkan sebelum rasa lapar datang. Jangan lupakan juga untuk sarapan dengan rutin agar perutmu tidak kosong saat berkegiatan sejak pagi hari.


2. Hindari Junk Food
Mengutip Scripps, daripada makan junk food, lebih baik kamu mengonsumsi makanan yang kaya protein, mengandung karbohidrat dan lemak sehat, juga sayur-sayuran. Makanan yang sehat dapat memperlambat naiknya gula darah dan memberimu energi yang stabil. Makanan yang tinggi serat dan nutrisi juga dinilai baik untuk membuatmu merasa kenyang lebih lama.

3. Selalu Sediakan Camilan
Membawa camilan ke mana pun dapat mencegah kelaparan, apalagi kalau kamu belum sempat makan siang padahal jadwal meeting sudah padat. Solusinya, kamu perlu siap sedia camilan di tas.

Namun, pintar-pintar memilih camilan, senada dengan poin kedua, ada baiknya bila kamu memilih makanan yang tinggi protein dan serat, kacang-kacangan, keju, dan sebagai camilanmu.(patrisia argi)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *