[HOAKS] Presiden Joko Widodo Ditampar Keras oleh Anies Baswedan

Hoaks Presiden Joko Widodo ditampar keras oleh Anies Baswedan. (Foto: Dok Kominfo)

Sukoharjonews.com – Sebuah video hoaks muncul di platform Youtube pada 17 Agustus 2024. Dalam video tersebut mengeklaim jika Presiden Jokowi ditampar keras oleh Anies Baswedan.


Dikutip dari laman Kominfo, Rabu (21/8/2024), berikut ini cek faktanya:

Penjelasan:

Beredar sebuah unggahan video pada platform YouTube pada tanggal 17 Agustus 2024 yang memberikan klaim bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) ditampar keras oleh Anies Baswedan .

Faktanya, klaim tersebut tidak benar. Dikutip dari turnbackhoax.id setelah dilakukan penelusuran lebih lanjut,video tersebut merupakan hasil manipulasi dari foto ketika Presiden Jokowi sedang menggelar pertemuan pers di Istana Bogor pada tahun 2015. Gambar aslinya dimuat dalam artikel setkab.go.id dengan judul “Proses Hukum Harus Ditangani Objektif, Presiden Jokowi Minta Tidak Terjadi Gesekan Polri – KPK” yang kemudian diedit dengan menambahkan gambar Anies yang seolah–olah sedang menunjuk Presiden Jokowi.


Saat disimak isi video hanya berisi cuplikan beberapa peristiwa yang tidak saling terkait dan narator hanya membacakan ulang sebuah artikel dari kumparan.com yang berjudul “Panasnya Pilkada: Anies Dijegal, Airlangga Terjungkal”. Artikel ini secara garis besar membahas upaya Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) mencegat Anies agar tidak melaju di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Jakarta dan Airlangga terlibat menjadi korban dalam negosiasi Pilkada.

Kategori: Hoaks

Link Counter:

– https://turnbackhoax.id/2024/08/19/salah-jokowi-ditampar-keras-oleh-anies/

– https://setkab.go.id/proses-hukum-harus-ditangani-objektif-presiden-jokowi-minta-tidak-terjadi-gesekan-polri-kpk/

– https://kumparan.com/kumparannews/panasnya-pilkada-anies-dijegal-airlangga-terjungkal-23JVIo7Gmxq. (*)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *