Ragam  

HMI Gelar Aksi Protes Insiden Bentrok di Bengkulu

Puluhan mahasiswa Islam Sukoharjo saat menggelar aksi di depan DPRD terkait insiden bentrok antara aparat keamanan dengan HMI Bengkulu, Jumat (21/9)

Sukoharjonews.com (Sukoharjo) – Puluhan mahasiswa yang tergabung dalam Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Sukoharjo melakukan aksi demodi Kantor DPRD, Jumat (21/9). Aksi demo tersebut sebagai bentuk protes terkait insiden bentrok antara aparat keamanan dengan peserta aksi HMI di Bengkulu beberapa waktu lalu. Mahasiswa menyampaikan keprihatinannya atas tindakan aparat keamanan yang dinilai sebagai upaya untuk membungkam aspirasi mahasiswa.



“Mahasiswa adalah agen perubahan dimana salah satu caranya dengan unjuk rasa untuk menyampaikan aspirasi,” ujar Koordinator Aksi, Abdurrahman.

Menurutnya, apa yang dilakukan kepolisian terhadap HMI di Bengkulu adalah bentuk membungkam aspirasi masyarakat. Abdurrahman menilai, apa yang dilakukan aparat keamanan tersebut telah mencederai demokrasi. Dia juga mengatakan, wajar jika mahasiswa berunjuk rasa mengkritisi kondisi politik dan ekonomi Indonesia saat ini.

HMI menilai pemerintah telah gagal dalam mengatasi pelemahan rupiah terhadap mata uang asing. Akibatnya, rakyat yang menanggung tingginya harga sandang dan pangan. Untuk itu, pemerintah harus bertanggungjawab. Usai berorasi di depan DPRD, HMI lantas menyerahkan pernyataan sikap tertulis kepada anggota DPRD Sukoharjo yang mewakili menemui mahasiswa, yakni Giyarto dan Eko Sapto Purnomo dengan didampingi Kapolres Sukoharjo AKBP Iwan Saktiadi.

HMI menyampaikan empat tuntutan tersebut adalah stop kriminalisasi aktivis, menuntut institusi Polri bertindak independen, menghentikan politisasi pers dan meminta pemerintah menegakkan kedaulatan ekonomi dan demokrasi. Setelah pernyataan sikap diterima oleh Kapolres dan DPRD Sukoharjo, peserta aksi lantas membubarkan diri. (erlano putra)



How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments