Hingga Akhir 2023, RTLH di Sukoharjo Masih 8.275 Unit, Bantuan Rehab Terus Digelontorkan

Bupati Sukoharjo, Etik Suryani saat menyalurkan bantuan rehab RTLH dari Baznas.

Sukoharjonews.com – Program rehab Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) di Kabupaten Sukoharjo masih berjalan. Pasalnya, saat ini masih ribuan RTLH yang belum tertangani. Hingga akhir 2023, sesuai data Dinas Perumahan dan Kawasan Permukinan (DPKP) Sukoharjo, tercatat masih 8.275 unit RTLH yang belum tertangani.


Kepala DPKP Sukoharjo, Lanjar Budi Wahyono, mengatakan, berdasarkan Data Perumahan Sukoharjo di akhir tahun 2021 terdapat RTLH 10.773 unit. Pada Tahun 2022 telah tertangani sebanyak 1.355 unit RTLH sehingga sampai akhir tahun 2022 masih tersisa 9.936 unit RTLH.

“Pada tahun 2023 lalu melalui berbagai sumber pendanaan dilakukan rehab 1.661 unit sehingga pada akhir tahun 2023 masih tersisa 8.275 unit RTLH,” ujar Lanjar, Sabtu (10/2/2024).

Dikatakan Lanjar, rehab RTLH sendiri berasal dari berbagai sumber dana seperti APBN, APBD Provinsi Jawa Tengah, APBD Kabupaten Sukoharjo, bantuan Baznas, dan juga CSR Bank Jateng.

“Jumlah RTLH di Kabupaten Sukoharjo menurun drastis. Dalam setiap tahun lebih dari 1.000 unit RTLH ditangani Pemkab Sukoharjo melalui berbagai sumber anggaran,” ujarnya.


DPKP Sukoharjo berharap angka RTLH setiap tahun bisa turun dan mengurangi data jumlah unit yang ada. Sebab penanganan dilakukan secara merata disemua wilayah di Kabupaten Sukoharjo.

“Bantuan dari Baznas Sukoharjo juga sangat banyak danmenyasar RTLH disemua kecamatan. Bantuan diberikan untuk perbaikan RTLH hampir setiap bulan dengan jumlah bervariasi. Program tersebut sangat baik dan membantu Pemkab Sukoharjo dalam menuntaskan RTLH,” lanjutnya.

Terpisah, Bupati Sukoharjo Etik Suryani, mengatakan Pemkab Sukoharjo terus menyalurkan berbagai program bantuan masyarakat salah satunya penuntasan RTLH. Pada awal tahun 2024 ini bantuan rehab RTLH sudah disalurkan kepada warga. Sumber bantuan berasal dari Baznas Sukoharjo.


“Bantuan RTLH yang sudah bisa disalurkan langsung diserahkan kepada warga. Sumbernya dari Baznas Sukoharjo dulu dan sumber bantuan RTLH lainnya masih dalam proses dan segera menyusul,” ujarnya.

Pemkab Sukoharjo pada tahun 2024 ini berharap ada banyak bantuan RTLH yang bisa disalurkan kepada warga. Sebab jumlah RTLH di Kabupaten Sukoharjo berdasarkan data masih cukup banyak.

“Ditarget 1.400 unit RTLH bisa ditangani setiap tahun di Kabupaten Sukoharjo. Jumlahnya mungkin bisa ditingkatkan menyesuaikan kemampuan anggaran,” tambahnya. (nano)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *