Hindari Sayuran Ini Saat Makan Malam Untuk Mencegah Kembung Di Malam Hari

Hindari sayuran ini saat makan malam. (Foto: hellosehat)

Sukoharjonews.com – Kembung adalah perasaan penuh, sesak dan tidak nyaman pada perut yang disebabkan karena produksi gas berlebih atau retensi cairan. Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan kembung seperti makan terlalu cepat, makan makanan berlemak atau kaya makanan, makan berlebihan, stres, perubahan hormonal, sembelit, dan kepekaan terhadap makanan.


Salah satu cara efektif mengatasi kembung adalah dengan menghindari makanan tertentu, terutama pada waktu makan malam ketika tubuh kita melambat dan lebih sulit mencerna makanan. Dikutip dari NDTV Food, pada Selasa (2/4/2024), inilah sayauran yang tidak baik dimakan saat malam hari:

1. Brokoli
Brokoli adalah sayuran silangan dan kaya akan beragam nutrisi. Namun, mengandung gula yang disebut raffinose yang sulit dicerna. Hal ini dapat menyebabkan gas dan kembung. Makan brokoli di malam hari juga bisa menyebabkan gangguan pencernaan dan mengganggu tidur malam yang nyenyak.

2. Kubis
Kubis merupakan sayuran yang bergizi tinggi dan serbaguna. Ini juga merupakan sayuran silangan. Mengkonsumsi kubis untuk makan malam dapat menyebabkan gas dan kembung karena kandungan serat dan raffinose yang tinggi. Mengonsumsi kubis saat makan malam mungkin membuat Anda sulit tidur nyenyak. Oleh karena itu, Anda dianjurkan untuk menambahkan kubis ke dalam sarapan atau makan siang Anda.


3. Kubis Brussel
Kubis Brussel juga termasuk dalam keluarga sayuran silangan dan mengandung rafinosa. Seperti disebutkan, rafinosa sulit dicerna dan dapat menyebabkan masalah pencernaan jika dikonsumsi sebelum tidur. Mereka juga tinggi serat yang dapat menyebabkan gas dan kembung. Batasi asupan kubis Brussel atau hindari sama sekali jika Anda mengalami kembung.

4. Kembang kol
Kembang kol yang mirip dengan brokoli dan kubis Brussel sangat bergizi dan memberi kita berbagai manfaat kesehatan. Namun, makanan tersebut mengandung senyawa yang disebut sulforaphane yang dapat menyebabkan gas dan kembung. Ini juga mengandung serat dalam jumlah tinggi yang mungkin sulit dicerna.

5. Bawang Putih
Bawang putih dianggap sebagai makanan super karena banyaknya kualitas nutrisi dan manfaat kesehatan yang diberikannya. Namun bawang putih juga mengandung fruktan yang dapat menyebabkan kembung dan gas. Hal ini juga dapat menyebabkan refluks asam yang dapat mengganggu tidur.


6. Kacang Polong
Kacang polong kaya akan nutrisi terutama antioksidan. Ini menjadikannya tambahan yang bagus untuk diet Anda, tetapi kacang polong juga dapat menyebabkan kembung karena kandungan serat dan fruktosanya yang tinggi. Mereka juga mengandung gula alkohol yang dapat menyebabkan masalah pencernaan.

7. Ubi Jalar
Ubi jalar merupakan sumber serat dan nutrisi yang baik, namun sulit dicerna bagi sebagian orang. Mereka mengandung sejenis karbohidrat yang disebut pati yang dapat menyebabkan gas dan kembung, terutama bila dimakan dalam jumlah banyak.(cita septa)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *