Hal-hal yang Dapat Memperpanjang Umur dalam Islam

Hal yang dapat memperpanjang umur dalam islam.(Foto: pexels)

Sukoharjonews.com –  Tidak ada satu manusia pun yang tahu sampai kapan ia akan hidup di dunia sebab usia sepenuhnya ditentukan oleh Sang Maha Kuasa. Meski begitu, banyak orang mengharapkan dapat memiliki umur panjang. Sesungguhnya, nilai umur manusia tidak ditentukan oleh panjang atau pendeknya, melainkan oleh kualitas amal kebaikan yang diperbuat semasa hidup.


Jika seseorang dapat memanfaatkan waktu dan kesempatan hidup untuk beribadah kepada Allah, itu bisa menjadi bukti kualitas hidup manusia di dunia. Dikutip dari Bincang Syariah, pada Selasa (14/5/2024), dalam Islam umur seseorang merupakan salah satu 4 perkara yang telah ditetapkan oleh Allah Swt sejak roh manusia ditiupkan di dalam rahim (kandungan). Hal ini Sebagaimana hadis Rasulullah SAW berikut:

ثُمَّ يُرْسَلُ إِلَيْهِ الـْمَلَكُ فَيَنفُخُ فِيْهِ الرٌّوْحَ، وَيُؤْمَرُ بِأَرْبَعِ كَلِمَاتٍ: بِكَتْبِ رِزْقِهِ وَأَجَلِهِ وَعَمَلِهِ وَشَقِيٌّ أَوْ سَعِيْدٌ

”Kemudian diutus seorang malaikat, lalu dia meniupkan ruh kepadanya. Dan dia (malaikat tadi) diperintahkan untuk menulis 4 kalimat (perkara): tentang rezekinya, amalannya, ajalnya, dan (apakah) dia termasuk orang yang sengsara atau bahagia” (HR. Bukhari dan Muslim).


Terkait 4 hal yang dapat memperpanjang umur telah dijelaskan dalam kitab Kitab Tadzkirun Nas, halaman 301 berikut

أَرْبَعُ خِصَالٍ تُطِيْلُ الْأَعْمَارَ: نِكَاحُ الْأَبْكَارِ وَشَمُّ الطِّيْبِ وَقْتَ الْأَسْحَارِ وَالْغُسْلُ بِالْمَاءِ الْحَارِّ وَكَثْرَةُ الْإِسْتِغْفَارِ.

Artinya; “Empat hal bisa memperpanjang umur: 1) Menikahi wanita-wanita perawan. 2) Mencium wewangian waktu sahur. 3) Mandi dengan air panas. 4) Memperbanyak istighfar.

Kendatipun kita telah melakukan ikhtiar diatas, kita juga perlu mengingat bahwa umur panjang bukanlah tujuan utama dalam hidup. Tujuan utama dalam hidup adalah meraih kebahagiaan di dunia dan akhirat dengan senantiasa taat kepada Allah Swt dan menjalankan ajaran-ajaran-Nya. Sebagaimana perkataan Ibnu Qayyim berikut:

“Rezeki yang lapang bukanlah dengan banyaknya (hitungan angka), umur yang panjang bukanlah dengan banyaknya bulan dan tahun yang dilalui. Namun, (hakikat) rezeki yang lapang dan umur yang panjang ialah dengan berkah yang terdapat di dalamnya (banyaknya ketaatan dan kebajikan).” (Ad Da’ wa Ad Dawa’, halaman 201).


Amalan-amalan yang dijelaskan dalam artikel ini hanyalah sebagai ikhtiar dan doa, dan keputusan akhir tentang umur manusia tetaplah di tangan Allah Swt.

Demikian penjelasan perihal 4 hal yang bisa memperpanjang umur, semoga bermanfaat Wallahu a’lam bishawab.(cita septa)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *