Gigi Anda berlubang? Cegah dengan Cara Berikut!

Mencegah gigi berlubang. (Foto: auraglow)

Sukoharjonews.com – Gigi berlubang merupakan permasalahan yang serinv dialami. Entah itu anak-anak atau para orang dewasa. Perlu diketahui, gigi memiliki lapisan enamel yang melindungi permukaan gigi. Hal ini dapat menjadi infeksi jika tidak segera ditangani.


Dikutip dari Siloam Hospital, pada Sabtu (18/3/2023), gigi berlubang sering kali menyebabkan pengidapnya mengalami sakit gigi hingga bau mulut . Tak hanya itu, gigi yang berlubang juga dapat menyebabkan infeksi pada gigi dan akar gigi. Untuk menghindarinya, Anda dapat melakukan sejumlah cara mencegah gigi berlubang berikut ini:

1. Sikat gigi secara rutin
Salah satu cara mencegah gigi berlubang secara alami dapat dilakukan dengan rutin menyikat gigi. Hal ini bertujuan untuk membersihkan serta menghilangkan sisa makanan di dalam mulut yang memicu pertumbuhan bakteri penyebab gigi berlubang. Anda disarankan untuk menyikat gigi secara rutin minimal 2 kali sehari, yaitu setelah sarapan pagi dan sebelum tidur di malam hari. Sikat gigi ini sebaiknya dilakukan 30 hingga 60 menit setelah sarapan pagi agar mineral di dalam gigi tidak ikut larut. Sikat gigi sebaiknya dilakukan 2 menit untuk setiap sesinya.


2. Konsumsi sayur dan buah
Tak hanya menjadi makanan yang baik untuk pencernaan , sayur dan buah juga diketahui dapat menjaga kesehatan mulut serta gigi. Hal ini dikarenakan sayur dan buah dapat meningkatkan produksi air liur yang mampu menekan pertumbuhan bakteri di dalam mulut.

3. Perbanyak minum air putih
Banyak minum air putih juga dapat dijadikan sebagai cara alami mencegah gigi berlubang. Minum air putih bermanfaat untuk membersihkan sisa-sisa makanan di dalam mulut yang menjadi tempat favorit bakteri penyebab gigi berlubang untuk berkembang biak. Minum air putih yang cukup juga dapat meningkatkan produksi air liur di dalam mulut yang berfungsi mengalirkan fluoride secara merata ke seluruh bagian gigi.


4. Bersihkan mulut dengan obat kumur
Cara mencegah gigi berlubang secara alami yang tidak kalah pentingnya adalah menggunakan obat kumur. Obat kumur digunakan untuk membersihkan sela-sela gigi yang tidak dapat dijangkau menggunakan sikat gigi. Senyawa antiseptik di dalamnya juga dapat mencegah pertumbuhan bakteri jahat di dalam mulut.

5. Gunakan pasta gigi yang mengandung Fluoride
Pasta gigi yang mengandung fluoride diketahui mampu menghambat pertumbuhan bakteri penyebab gigi berlubang. Selain itu, kandungan fluoride juga dapat memperkuat enamel gigi agar tidak mudah rusak karena terkikis senyawa asam dan plak di dalam mulut.


6. Periksa ke dokter gigi secara rutin
Salah satu penyebab gigi berlubang adalah adanya plak yang sudah lama tidak dibersihkan. Plak merupakan lapisan lunak dan lengket yang terdiri dari sisa makanan serta bakteri. Bila dibiarkan terus menerus, plak tersebut bisa menyebabkan berbagai macam masalah mulut, mulai dari karang gigi hingga gigi berlubang. Oleh karena itu, periksakan gigi ke dokter setiap 6 bulan sekali guna menghilangkan plak-plak membandel yang sulit dibersihkan hanya dengan sikat gigi atau berkumur. (cita septa)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *