Gejala, dan Penyebab Mata Sipit

Penyebab dan gejala mata sipit. (Foto: sehatq)

Sukoharjonews.com – Menyipitkan mata adalah tindakan menyempitkan mata, biasanya sebagai upaya untuk melihat lebih baik. Istilah “juling” juga digunakan untuk menggambarkan suatu kondisi mata yang disebut strabismus.


Dikutip dari Verrywell Health, pada Jumat (8/13/2023), berikut gejala dan penyebab dari Mata sipit:

Penyebab
Penyebab mata juling yang paling umum adalah strabismus, rabun jauh, dan rabun jauh. Penyebab lain mata menyipit mungkin termasuk presbiopia(penglihatan dekat kabur) dan astigmatisme.

Strabismus
Strabismus (mata juling) melibatkan kelainan pada pergerakan mata, yang terkadang menghalangi mata untuk melihat ke arah yang sama. Kelainan ini biasanya disebabkan oleh masalah pada otot mata, saraf yang terhubung ke mata, atau cara otak mengatur pergerakan mata.

Strabismus lebih sering terjadi pada anak-anak dibandingkan orang dewasa, dan penyebabnya tidak selalu jelas. Kadang-kadang, hal ini dapat dikaitkan dengan Cerebral Palsy, Down Syndrome, atau kelahiran prematur.


Rabun dekat
Rabun dekat artinya  artinya Anda kesulitan melihat benda dari dekat tetapi tidak kesulitan melihat benda di kejauhan. Meskipun Anda mungkin dilahirkan dengan rabun jauh, Anda mungkin tidak menyadari bahwa Anda mengidapnya sampai gejalanya muncul di kemudian hari. 4 Hal ini juga lebih mungkin terjadi jika Anda memiliki anggota keluarga dekat yang menderita rabun jauh.

Rabun jauh
Rabun jauh menyulitkan melihat objek yang jauh, sedangkan penglihatan tetap baik untuk objek dekat. Anda mungkin mewarisi rabun jauh dari anggota keluarga, namun gejala Anda mungkin tidak terlihat sampai akhir masa kanak-kanak. Seringkali, rabun jauh ditemukan pada anak-anak berusia antara 8 dan 12 tahun.


Cara Mengobati Mata Sipit
Pengobatan mata juling akan tergantung pada penyebabnya.

Jika dokter mata, misalnya dokter mata, mendiagnosis strabismus, perawatan Anda mungkin termasuk:
● Kacamata
● Lensa kontak
● Lensa prisma (lensa ini mengubah cara cahaya masuk ke mata, membantu menyelaraskan gambar sehingga mata melihat satu objek)
● Menambal mata yang lemah untuk membantu membuatnya lebih kuat
● Senam mata untuk membantu kedua mata berputar ke dalam
● Operasi otot mata untuk mengubah otot mata

Untuk rabun jauh dan rabun jauh, pemeriksaan mata mungkin menunjukkan perlunya kacamata atau resep lensa kontak yang diperbarui atau baru.


Dokter mata juga dapat mengoreksi rabun jauh dan rabun jauh dengan operasi refraktif. Operasi ini sering kali bertujuan untuk mengubah bentuk kornea agar membantu Anda melihat lebih baik. Beberapa jenis bedah refraktif yang umum meliputi:

● Keratomileusis laser in situ( LASIK ) (membentuk kembali kornea di bawah penutup yang dipotong ke dalam jaringan)
● Epitel laserkeratomileusis ( LASEK ) (membentuk kembali kornea di bawah lapisan permukaannya yang sangat tipis)
● Keratektomi fotorefraksi( PRK ) (ideal untuk orang dengan bekas luka, tipis, atau bentuk kornea tidak beraturan)

Hal yang umum untuk menyipitkan mata ketika Anda perlu melihat lebih baik, seperti membaca sesuatu dari jarak dekat atau melihat sesuatu yang jauh. Menyipitkan mata dalam situasi ini mungkin mengindikasikan rabun jauh, rabun jauh, atau masalah penglihatan lainnya.(patrisia argi)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *