Fakta Nutrisi dan Manfaat Kesehatan Kacang Kedelai Hitam

Manfaat kedelai.(Foto:kawashimaya)

Sukoharjonews.com – Kacang kedelai hitam hanyalah varietas hitam dari kacang kedelai yang lebih umum. Kacang kedelai hitam merupakan kacang-kacangan langka yang berasal dari Cina dan digunakan dalam pengobatan Cina untuk membersihkan racun dari dalam tubuh. Seperti halnya kacang kedelai kuning, varietas hitam merupakan sumber protein nabati yang lengkap dan murah.


Dilansir dari verywellfit, Senin (2/9/2024), kacang kedelai hitam ditanam untuk dimakan seperti kacang-kacangan lainnya, baik dikeringkan dan dilarutkan kembali dalam air atau dimasak terlebih dahulu dalam kaleng. Meskipun ada beberapa kontroversi mengenai senyawa mirip estrogen dalam kedelai, bukti ilmiah menunjukkan bahwa kacang kedelai dan produk kedelai aman dan memiliki banyak manfaat kesehatan.

Karbohidrat
Setengah cangkir kacang kedelai hitam kalengan mengandung 8 gram karbohidrat, yang sebagian besar berupa serat (7 gram) dengan sedikit gula. Meskipun indeks glikemik kacang kedelai hitam belum dihitung secara pasti, dapat dipastikan bahwa kacang kedelai hitam mungkin mirip dengan kacang-kacangan lainnya, yang memiliki indeks glikemik rendah. Kandungan serat yang tinggi pada kacang kedelai hitam berarti kacang kedelai hitam akan dicerna lebih lambat yang dapat mengurangi laju kenaikan gula darah.

Gemuk
Kacang kedelai hitam memang mengandung lemak, tetapi sebagian besar merupakan lemak tak jenuh yang menyehatkan (hanya ada 1 gram lemak jenuh per setengah cangkir kacang kedelai hitam yang dimasak). Kacang kedelai mengandung asam lemak omega-6 dan omega-3.


Protein
Seperti banyak kacang-kacangan, kacang kedelai hitam merupakan sumber protein nabati yang baik, dengan 11 gram dalam setengah cangkir sajian. Kedelai merupakan protein lengkap , artinya mengandung semua asam amino yang dibutuhkan tubuh Anda (banyak protein nabati lainnya tidak mengandungnya).

Vitamin dan Mineral
Kedelai hitam merupakan sumber vitamin K , zat besi, kalium, magnesium, tembaga, mangan, dan riboflavin yang baik.

Manfaat Kesehatan
Setiap kacang kedelai hitam kecil mengandung banyak protein, serat, vitamin, mineral, dan antioksidan, sehingga mengonsumsinya dapat memberikan banyak manfaat kesehatan. Misalnya, kacang kedelai dapat meredakan rasa panas dan depresi serta dapat meningkatkan kesehatan kulit dan fungsi ginjal.


Mendukung Kesehatan Jantung
Pola makan yang lebih banyak mengandung sumber protein nabati (seperti kacang kedelai hitam dan kacang-kacangan lainnya) dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit kardiovaskular. Sebuah studi tahun 2017 yang secara khusus meneliti kacang-kacangan sebagai sumber protein nabati menemukan bukti serupa tentang risiko penyakit kardiovaskular yang lebih rendah.

Memperbaiki Kerusakan Oksidatif
Varietas kedelai hitam memiliki beberapa fitonutrien , termasuk antioksidan, lebih tinggi daripada kedelai lainnya. Satu-satunya perbedaan antara kedelai putih dan hitam adalah warna kulitnya, jadi perbedaan nutrisi akan terlihat pada kulit luarnya yang berwarna hitam.(patrisia argi)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *