Ragam  

Dipercaya Dapat Menurunkan Tekanan Darah, Simak Manfaat Lain Dari Mendaki

Manfaat mendaki. (Foto: REI)

Sukoharjonews.com – Mendaki merupakan salah satu olahraga yang digemari para remaja. Pasalnya, mendaki dapat juga dijadikan healing untuk mereka. Karena dengan mendaki, selain untuk berolahraga, Anda juga bisa menikmati udara segar pegunungan yang dapat menyehatkan badan, pernapasan, mata, dan mental Anda.


Dikutip dari Cleveland Clinic, yang dimuat dari beberapa sumber, pada Sabtu (18/3/2023), sebelum melakukan pendakian, dokter kedokteran olahraga Mattew Kampert, DO, MS, (yang juga merupakan Eagle Scout dengan Boy Scouts of America), menguraikan manfaat mendaki berikut:

1. Menurunkan Tekanan Darah
Anda bisa saja memiliki tekanan darah tinggi dan bahkan tidak mengetahuinya. Itulah mengapa hipertensi terkadang disebut sebagai “pembunuh diam-diam”. Sulit untuk mendeteksi gejalanya, dan jika tidak ditangani, dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius seperti stroke atau serangan jantung. Tetapi satu hal yang dapat Anda lakukan untuk membantu menurunkan tekanan darah Anda? Latihan.

“Penelitian telah secara konsisten menunjukkan bahwa olahraga sama efektifnya dengan obat antihipertensi dosis penuh untuk menurunkan tekanan darah,” kata Dr. Kampert.


2. Mengatasi Obesitas
Hiking, yang bisa menjadi latihan seluruh tubuh, adalah cara yang bagus untuk membakar kalori.
“Untuk menurunkan berat badan , tujuannya adalah menciptakan defisit kalori,” kata Dr. Kampert.

Intinya? Anda perlu membakar lebih banyak kalori daripada yang Anda konsumsi. Untuk menurunkan sekitar 1 atau 2 pon seminggu, Anda biasanya membutuhkan defisit 500 kalori setiap hari. Ini dapat dilakukan melalui diet Anda, serta melalui aktivitas fisik. Dan meskipun olahraga apa pun itu bagus, Anda ingin fokus pada olahraga ketahanan seperti hiking untuk mencegah hilangnya otot.

“Tubuh Anda dapat membakar otot untuk energi,” tambah Dr. Kampert. “Tetapi dengan memuat otot Anda atau melakukan latihan menahan beban, itu mengirimkan sinyal ke tubuh Anda untuk membakar lemak, bukan otot.”


3. Mengurangi Risiki Terkena Penyakit Jantung
Seperti halnya semua olahraga, hiking juga memiliki manfaat kesehatan jantung. Penelitian telah menunjukkan bahwa olahraga dapat mengurangi risiko penyakit jantung . Dengan berolahraga, sirkulasi Anda meningkat dan jantung Anda menjadi lebih kuat. Dianjurkan agar setiap orang berolahraga setidaknya 150 menit dengan intensitas sedang setiap minggu. Dan untuk Dr. Kampert, ini semua tentang meningkatkan konsumsi oksigen atau VO 2 max Anda , yang menunjukkan seberapa baik jantung Anda mendorong darah ke otot Anda, dan seberapa efisien otot Anda dapat mengekstraksi oksigen dari sirkulasi darah Anda.

“Ketika Anda meningkatkan kapasitas olahraga Anda, tingkat kematian semua penyebab Anda benar-benar menurun,” catat Dr. Kampert.


4. Mengurangi Kecemasan dan Depresi
Langit biru jernih, bunga bermekaran, tupai bermain-main di antara pepohonan. Berada di alam adalah cara yang bagus untuk mendapatkan dorongan kebahagiaan alami.

“Ada banyak penelitian yang menunjukkan efek berada di alam,” kata Dr. Kampert. “Tubuh kita menemukan bahwa warna-warna tertentu bisa membuat stres sementara yang lain menenangkan. Jadi, berada di alam dengan banyak tanaman hijau adalah lingkungan terapeutik yang bagus.”

Dia menambahkan bahwa hijau memiliki efek menenangkan yang mengatur aktivitas parasimpatis Anda dan mengurangi aktivitas simpatik Anda atau respons melawan atau lari Anda.


5. Meningkatkan Tidur
Jika Anda kesulitan untuk mendapatkan tidur malam yang nyenyak, mendaki gunung mungkin bermanfaat. Paparan vitamin D dapat membantu mengontrol siklus bangun-tidur Anda. Dan berada di luar dan berolahraga juga akan meningkatkan suhu tubuh Anda, jadi ketika suhu internal Anda kembali turun, itu bisa membuat Anda tertidur.

“Anda hanya dapat berlatih sekeras atau tampil sebaik Anda pulih dari setiap sesi latihan,” kata Dr. Kampert. “Dan tidur memainkan peran kunci dalam pemulihan dan adaptasi terhadap olahraga yang menghasilkan peningkatan berkelanjutan dalam kebugaran.”

Secara keseluruhan, hiking adalah cara yang bagus untuk berolahraga dan dilengkapi dengan manfaat tambahan untuk meningkatkan suasana hati Anda, meningkatkan kualitas tidur Anda, dan membantu sejumlah kondisi medis potensial. (cita septa)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *