Dipercaya dapat Meningkatkan Hidrasi, Simak Manfaat Lain dari Minum Air Panas Setelah Makan Berikut

Manfaat minum air panas. (Foto: healthshots)

Sukoharjonews.com – Beberapa orang percaya bahwa minum air panas dapat membantu meringankan sembelit dan kram menstruasi. Minum air panas setelah makan dapat memberikan beberapa manfaat, termasuk membantu pencernaan, meningkatkan hidrasi, dan meningkatkan relaksasi.


Dikutip dari Web News Observer, pada Jumat (17/3/2023), penting untuk diperhatikan bahwa minum air panas saja tidak dapat menggantikan diet seimbang tanpa olahraga teratur. meminum air panas setelah makan dapat memberikan beberapa manfaat, namun tubuh setiap orang berbeda dan mungkin bereaksi berbeda. Jadi, mari kita bahas tentang 5 alasan utama seseorang harus mengonsumsi air panas setelah makan:

1. Air panas meningkatkan relaksasi
Air panas memiliki efek menenangkan pada tubuh dan dapat meningkatkan perasaan rileks dan tenang. Ini bisa sangat bermanfaat setelah makan, karena dapat membantu mengurangi stres dan meningkatkan kualitas tidur. Air dikaitkan dengan peningkatan sirkulasi dalam tubuh dan karenanya membantu otot dan organ untuk rileks.


2. Air panas membantu pencernaan
Minum air panas setelah makan dapat membantu memecah makanan lebih cepat dan lebih efisien, sehingga tubuh lebih mudah mencerna nutrisi. Ini juga dapat membantu mencegah sembelit dengan melunakkan tinja dan membuatnya lebih mudah dikeluarkan. Air panas juga mendetoksifikasi tubuh – menyebabkan keringat yang mengeluarkan racun dan bahan yang tidak dibutuhkan dari pori-pori dan membersihkannya.

3. Air panas dikenal dapat meningkatkan hidrasi
Minum air panas setelah makan dapat membantu mengisi kembali cairan yang hilang selama pencernaan, dan juga dapat membantu meningkatkan tingkat hidrasi tubuh secara keseluruhan. Ini sangat penting bagi individu yang tidak mengonsumsi cukup air sepanjang hari, karena dehidrasi dapat menyebabkan berbagai hasil kesehatan yang negatif.


4. Air panas dikenal untuk mendukung penurunan berat badan
Minum air panas setelah makan juga dapat membantu upaya penurunan berat badan. Air panas membantu meningkatkan perasaan kenyang dan dapat mengurangi keinginan untuk ngemil atau makan berlebihan di antara waktu makan. Air diketahui dapat menyerap nutrisi dan membantu membuang limbah dari tubuh kita. Penelitian mengatakan bahwa minum air panas sebelum makan dapat meningkatkan metabolisme hingga 32 persen.

5. Air panas membantu meringankan kram menstruasi
Bagi wanita yang mengalami kram menstruasi yang menyakitkan, minum air panas setelah makan adalah penyelamat. Ini membantu menenangkan otot rahim yang tegang dan kaku dengan meningkatkan aliran darah. Air panas adalah vasodilator yaitu meningkatkan aliran darah dalam tubuh dengan memperluas dan melebarkan kapiler darah. Namun, kelebihan air panas juga dapat menyebabkan pembengkakan yang semakin parah, jadi orang perlu memperhatikan berapa banyak air panas yang mereka konsumsi.


Minum air hangat setelah makan bisa menjadi kebiasaan sehat bagi sebagian orang. Namun, penting untuk diingat bahwa ini bukanlah solusi tepat dan harus dikombinasikan dengan diet seimbang serta olahraga teratur untuk kesehatan yang optimal. Selain itu, sangat penting untuk mengetahui kondisi medis yang sudah ada sebelumnya yang dapat memengaruhi kesesuaian kebiasaan ini untuk Anda. (cita septa)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *