Dipercaya Dapat Mengurangi Resiko Terkena Jantung, Simak Manfaat Lain Ikan Basa yang Wajib Anda Ketahui

Manfaat ikan basa (Foto : Istock)

Sukoharjonews.com – Dalam dunia seafood, ikan merupakan makanan sehat yang biasanya rendah lemak dan tinggi asam lemak omega-3. Dipercaya dapat meningkatkan fungsi mental dan menjaga kesehatan secara keseluruhan. Salah satu ikan yang terbukti sangat menyehatkan adalah ikan Basa. Ini adalah jenis ikan lele yang disebut dengan Pangasius Bocourti. Paling banyak ditemukan di Asia Tenggara, ikan ini memiliki bau yang lembut, itulah sebabnya ikan ini menjadi pilihan populer di kalangan masyarakat. Di balik rasanya yang lembut dan keserbagunaan kulinernya, terdapat pembangkit tenaga nutrisi yang layak mendapat tempat di piring Anda. Dari mendukung kesehatan jantung hingga memberikan kandungan protein, ikan Basa menghadirkan gelombang kebaikan yang selaras dengan selera dan kesejahteraan.


Dikutip dari Healthshots, pada Rabu (29/11/2023), berikut manfaat ikan basa yang wajib Anda ketahui:

1. Ikan basa mengandung sedikit karbohidrat
Jika Anda mencoba menurunkan berat badan, ikan ini sangat ideal untuk Anda. Ini mengandung sangat sedikit karbohidrat, yang dianggap sebagai pilihan yang baik bagi mereka yang mencoba menurunkan berat badan. Selain itu, mengonsumsi makanan kaya karbohidrat juga bisa membuat Anda merasa lesu. Namun ikan Basa hanya mengandung sedikit karbohidrat sehingga ada baiknya Anda menambahkannya ke dalam menu diet penurunan berat badan Anda.

2. Mengurangi risiko penyakit jantung
Tekanan darah tinggi adalah salah satu faktor risiko terbesar yang meningkatkan kemungkinan terkena penyakit jantung, namun dikatakan bahwa memasukkan ikan Basa ke dalam makanan Anda dapat membantu mengurangi risiko tersebut. Ikan basa juga mengandung asam lemak omega-3 dalam jumlah tinggi yang baik untuk menurunkan kadar kolesterol sehingga menurunkan risiko penyakit jantung.


3. Pertumbuhan otot dan sel
Protein adalah nutrisi penting yang menyediakan asam amino bagi tubuh, membantu membangun sel dan jaringan lain serta serat dalam tubuh. Ikan basa juga mengandung protein yang menyediakan kesembilan asam amino esensial bagi tubuh. Ini juga membantu memperbaiki tubuh dan mengembangkan otot yang diperlukan untuk memasok protein.

4. Sumber protein yang baik
Basa adalah sumber protein yang baik, yang penting untuk pertumbuhan dan perbaikan jaringan tubuh Anda. Ini bisa menjadi tambahan yang baik untuk diet Anda jika Anda ingin mengonsumsi makanan berprotein tinggi. Tahukah Anda 100 gram ikan Basa mengandung 13 gram protein? Ini menjadikannya sumber protein yang baik dan membantu berfungsinya enzim. Ini juga mengandung semua asam amino esensial yang diperlukan tubuh.

5. Rendah kalori
Jika Anda sedang mencari cara untuk mengurangi asupan kalori , Anda bisa memasukkan ikan Basa ke dalam menu makanan Anda. Ini adalah makanan rendah kalori yang juga akan membantu Anda menjaga berat badan tetap terkendali. Ditambah lagi, ia juga tinggi protein sehingga menjadi makanan baik yang membuat Anda merasa kenyang lebih lama.(cita septa)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *