Deretan Perempuan Paling Berpengaruh Sepanjang Sejarah

Deretan perempuan paling berpengaruh sepanjang sejarah. (Foto : Maya Angelou /Instagram @drmayaangelou)

Sukoharjonews.com – Emansipasi kerap dikaitkan dengan perjuangan salah satu pahlawan perempuan pejuang kemerdekaan kaumnya, Raden Ajeng Kartini. Perjalanan perempuan untuk memerangi patriarki dan memperjuangkan hak yang sama dengan pria mungkin bahkan telah lebih dahulu dimulai sebelum era Kartini.


Dilansir dari Heartware, Jum’at (10/3/2023), tampaknya perjuangan perempuan untuk mencapai kesetaraan gender masih jauh dari kata selesai. Oleh karena itu, perempuan harus selalu mengingat setiap detail perjuangan yang dilakukan para pendahulu demi meneruskan tugas mulia itu.

Hari perempuan Internasional atau International Women’s Day (IWD) yang dirayakan setiap tahun pada tanggal 8 Maret lalu adalah salah satu momen yang tepat untuk merayakan pencapaian dan prestasi yang diraih oleh pendahulu. inilah beberapa perempuan paling berpengaruh dalam mengangkat derajat kaum perempuan sepanjang sejarah.

Jane Austen (1775-1817)
Jane Austen adalah seorang penulis asal Inggris dan salah satu penulis paling terkenal dalam sejarah literatur di negeri itu. Ia menulis sebanyak 6 novel, termasuk yang paling fenomenal adalah novel populer berjudul Pride and Prejudice.

Berkat karyanya di bidang literatur itu, Austen menjadi publik figur penting dan salah satu penulis yang pertama kali memperkenalkan gaya menulis baru. Kini, buku-bukunya telah dibaca oleh banyak orang di seluruh dunia dan dibuat ke dalam banyak karya adaptasi.


Ada Lovelace (1815-1852)
Ada Lovelace adalah seorang ahli matematika yang pada tahun 1843 menjadi programmer komputer pertama di dunia. Ia bekerja dengan Charles Babbage saat Babbage mengerjakan Analytical Engine, komputer mekanikal paling awal yang dibuatnya.

Saat bekerja sama dengan Babbage, Lovelace menulis algoritma mesin pertama di dunia. Karya Lovelace memang terkenal visioner dan menginspirasi mengingat perempuan di masa itu kekurangan akses pendidikan terutama dalam bidang STEM (Sains, Teknologi, Mesin, dan Matematika).

Marie Curie (1867-1934)
Marie Curie adalah seorang ahli fisika dan kimia berdarah campuran Polandia dan Prancis yang pertama kali melakukan penelitian tentang radioaktivitas. Jasanya dalam penemuan radium dan polonium serta kontribusinya dalam pengobatan kanker membuatnya menjadi salah satu sosok perempuan berpengaruh dalam sejarah

Jasa dan kontribusinya yang besar, membuat Curie menjadi perempuan paling berpengaruh pertama yang menerima penghargaan Nobel. Ia bahkan memenangkan dua penghargaan Nobel semasa hidupnya.


Maya Angelou (1928-2014)
Maya Angelou adalah seorang publik figur yang multitalenta dengan perannya sebagai aktivis, jurnalis, aktris, penari, sekaligus penyair. Ia juga dikenal sebagai salah satu penulis terkenal di dunia.

Nama Angelou dikenal berkat gaya menulis autobiografinya dan caranya menggunakan karyanya itu untuk memberdayakan komunitas Afrika-Amerika. Tidak mengherankan jika karyanya yang berjudul I Know Why The Caged Bird Sings memberikan dampak yang besar pada dunia sastra.

Angelou telah membuka peluang yang besar terhadap penulis, terutama penulis perempuan Afrika-Amerika untuk masuk ke dunia sastra. Lewat kegiatannya sebagai aktivis, ia juga telah menginspirasi banyak orang dan perempuan untuk meraih masa depan yang lebih baik. (patrisia argi)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *