Damkar Satpol PP Cek Perlengkapan Dan Latihan Bersama Hadapi Musim Kemarau

Damkar Satpol PP melakukan cek perlengkapan dan personil menghadapi musim kemarau di Alun-Alun Satya Negara, Selasa (30/6/2020).

Sukoharjonews.com (Sukoharjo) – Menghadapi musim kemarau, Pemadam Kebakaran (Damkar) Satpol PP Sukoharjo melakukan cek perlengkapan dan latihan bersama di Alun-Alun Satya Negara, Selasa (30/6/2020). Kegiatan tersebut melibatkan seluruh personil pemadam kebakaran dan juga mobil pemadam kebakaran. Cek perlengkapan dan latihan bersama dilakukan karena di musim kemarau kasus kebakaran diprediksi akan terjadi peningkatan.



“Untuk periode Januari-Juni 2020 ini kasus kebakaran di Sukoharjo memang turun karena hanya ada 24 kejadian saja. Nah, menghadapi musim kemarau kami siapkan perlengkapan dan juga personil,” ujar Kepala Satpol PP Sukoharjo, Heru Indarjo.

Dikatakan Heru, meski ada penurunan kasus untuk periode Januari-Juni, Damkar Satpol PP tidak terlana. Pasalnya, masuk periode Juli-Desember 2020 tidak menutup kemungkinan terjadi peningkatan signifikan karena sudah masuk musim kemarau. Untuk itu, pengecekan perlengkapan dan personil tetap dilakukan. Semua personil dilibatkan dan dibekali kemampuan mengenai penguasaan penggunaan alat dan pemadaman api.

“Setiap personil tim pemadam kebakaran harus tahu tugasnya apa. Jadi, ketika ada kejadian kebakaran sudah siap memadamkan api,” ujar Heru.

Kabid Pemadam Kebakaran Satpol PP Sukoharjo, Margono menambahkan, latihan untuk personil perlu dilakukan mengingat ada potensi peningkatan kasus kebakaran saat musim kemarau. Baik kebakaran di wilayah permukiman, lahan kosong, hingga lahan hutan. Menurutnya, penguasaan medan saat memadamkan api di lahan kosong perlu dilakukan seperti sumber air, arah angin, teknis penyemprotan air, dan lainnya.

“Kami imbau masyarakat untuk selalu waspada terkait kemungkinan terjadinya kebakaran karena sudah memasuki musim kemarau,” ujarnya. (erlano putra)



How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed