Cocok Untuk Sahur , 5 Bahan Makanan yang Buat Kenyang Lebih Lama

Cocok untuk sahur , 5 bahan makanan yang buat kenyang lebih lama. (Foto : Freepik)

Sukoharjonews.com – Saat sahur penting untukmu mengonsumsi makanan yang seimbang agar tubuh merasa berenergi dan membantu mengurangi rasa lapar dan haus sepanjang hari


Dilansir dari VEnglish Alarabiya Net, Sabtu (1/4/2023), beberapa bahan makanan yang asin dan pedas memiliki dampak yang kurang baik untuk tubuh di siang hari. Salah satunya, kamu akan merasa haus di siang hari.

Selain itu, penting juga untuk jauhi gula sederhana yang ditemukan dalam roti putih, permen, permen, kue, dan sereal polos yang dapat menyebabkan kamu cepat lapar dan mudah mengidam makanan.

Berikut adalah rekomendasi makanan yang bisa kamu konsumsi untuk sahur agar tetap berenergi dan lancar menjalani puasa.

1. Kacang-kacangan
Kacang-kacangan merupakan makanan berkalori tinggi, tetapi kaya nutrisi dan efektif untuk meningkatkan rasa kenyang. Lemak yang terkandung dalam kacang merupakan lemak tak jenuh yang merupakan lemak sehat dengan berbagai manfaat seperti menurunkan kolesterol.

Dilansir dari Healthline, sebuah penelitian tahun 2013 di The American Journal of Clinical Nutrition menemukan bahwa makan kacang tidak menambah berat badan atau lemak saat dikonsumsi. Mengonsumsi kacang sebagai camilan dapat membantu menghilangkan rasa lapar di antara waktu makan, tanpa menyebabkan penambahan berat badan.


2. Telur
Telur merupakan sumber protein berkualitas tinggi yang bisa menjadi pilihan makanan untuk sahur kamu. Selain mudah dan cepat dimasak, dilansir dari National Library of Medicine sebuah penelitian telah menunjukkan bahwa mengkonsumsi telur lebih sering dapat meningkatkan rasa kenyang dan secara signifikan mengurangi asupan makanan jangka pendek.

Kamu juga bisa berkreasi dalam mengolah telur misalnya menambahkan potongan sayur seperti wortel, brokoli, dan berbagai sayur lainnya untuk lebih membantu meningkatkan rasa kenyang dan juga menambah asupan sayuran harian.


3. Ikan
Ikan merupakan salah satu sumber protein yang bisa jadi pilihan untuk sahur kamu. Dilansir dari My Plenity, mengatakan bahwa The American Heart Association and the Dietary Guidelines 2015-2020 merekomendasikan setidaknya mengkonsumsi dua porsi ikan per minggu, terutama ikan berlemak tinggi.

Ikan kaya akan protein dan asam lemak omega-3, yang dapat meningkatkan rasa kenyang. Protein dalam ikan mungkin memiliki efek yang lebih kuat pada rasa kenyang dibandingkan jenis protein lainnya.

Beberapa jenis Ikan yang bisa kamu pilih diantaranya adalah salmon, sarden, tongkol, patin dan masih banyak jenis ikan lainnya.


4. Buah dan Sayur
Buah dan sayuran tentu sudah tidak perlu diragukan lagi kandungan vitaminnya. Keduanya juga mengandung kalori rendah namun tinggi serat dan air yang tinggi sehingga dapat membuatmu merasa kenyang lebih lama.

Serat adalah komponen makanan yang penting. Perlu kamu ketahui, bahwa makanan berserat tinggi dapat membantu mengontrol kadar gula darah, kolesterol dan baik untuk proses pencernaan.

Dilansir dari National Library of Medicine, perlu diingat bahwa cara terbaik mengonsumsi buah dan sayur adalah dimakan langsung tanpa dibuat jus, karena akan membuat kamu tidak terlalu kenyang.


5. Kentang
Mencari makanan dengan kandungan karbohidrat? Kamu bisa memilih kentang sebagai pilihan karbohidrat untuk memenuhi kebutuhan harian saat berpuasa.

Kentang mengandung banyak air dan karbohidrat serta mengandung serat dan protein dalam jumlah sedang. Dibandingkan dengan makanan tinggi karbohidrat lainnya, kentang dapat memberikan efek lebih mengenyangkan dengan kalori yang lebih kecil.

Dilansir dari National Library of Medicine sebuah studi pada 14 orang menemukan bahwa mereka yang mengonsumsi makanan dengan daging, sayuran, dan kentang merasa kurang lapar dan lebih kenyang dibandingkan mereka yang makan makanan yang sama dengan nasi atau pasta.(patrisia argi)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *