Tips  

Cara Terbaik Membantu Membasmi Tikus

Cara mengatasi hama. (Foto: halodoc)

Sukoharjonews.com – Apakah Anda melihat sepasang mata seperti manik-manik mengintip ke arah Anda dari bawah lemari es atau mendengar bunyi berderit dan berlarian di lantai, tidak ada hal yang sama mengkhawatirkannya dengan menemukan tikus di rumah Anda . Hama ini memiliki sejarah panjang dalam membawa patogen penyebab penyakit – dan juga dapat membawa kutu ke dalam rumah Anda.


Dilansir dari Terimix, Sabtu (13/4/2024), selain penyakit, tikus juga dapat menyebabkan kerusakan besar pada rumah Anda. Mereka tidak hanya dapat merusak permukaan dengan terus-menerus menggerogoti dan mencakar, tetapi mereka juga dapat mengunyah kabel listrik, yang berpotensi menimbulkan bahaya kebakaran.

Selain itu, tikus dapat bereproduksi dengan cepat, menghasilkan antara lima hingga sepuluh anak per tahun, dan tikus betina mampu bereproduksi pada usia enam minggu. Saat Anda mencurigai ada tikus di rumah Anda, penting untuk bertindak cepat untuk membasmi hama ini.

Pelajari metode terbaik untuk mengatasi serangan tikus di rumah Anda, cara terbaik untuk membunuh tikus di dalam rumah, dan bagaimana Terminix dapat membantu mengusir tikus dari rumah.

Ada beberapa petunjuk yang mungkin memberi tahu Anda bahwa tangan Anda terkena serangan tikus:

-Anda mungkin melihat kotoran tikus, yang terlihat seperti butiran beras kecil berwarna hitam atau coklat tua, di rumah Anda.

-Anda mungkin menemukan sarang tikus di rumah Anda terbuat dari kertas, insulasi, atau bahan lain yang relatif lunak.

-Demikian pula, insulasi mungkin telah diganggu oleh tikus yang bersarang di dalamnya.

-Carilah alas tiang atau saluran yang terkunyah, tergores, atau tergerogoti.

-Dengarkan suara tikus yang berlarian atau mencicit.

-Anda mungkin benar-benar melihat seekor tikus atau beberapa tikus di dalam atau di sekitar rumah Anda.


Cara mengusir tikus di rumah anda

1. Hilangkan titik masuk.
Mengusir tikus, atau melindungi rumah Anda dari hewan pengerat, adalah cara yang efektif untuk membantu membasmi hewan pengerat di rumah Anda dan mencegah serangan tikus meluas – atau terjadi. Pertahankan rumah Anda dari tikus dengan menghilangkan titik masuk dan akses mudah. Hal ini mungkin sulit dilakukan karena kemampuan tikus untuk masuk ke dalam lubang terkecil sekalipun (seperempat inci atau lebih). Aturan praktisnya adalah, jika Anda dapat memasukkan pensil ke dalam celah, lubang, atau bukaan, tikus dapat melewatinya.

2. Gunakan perangkap tikus.
Cara lain untuk membantu membasmi tikus adalah dengan perangkap tikus. Perangkap kayu klasik dapat mengatasi populasi tikus dalam jumlah kecil hingga sedang, namun perlu diingat bahwa kebanyakan orang meremehkan serangan tikus. Bukan hal yang aneh untuk memasang selusin perangkap hanya untuk satu tikus – atau yang Anda anggap hanya satu tikus. Selain menyewa tenaga profesional, perangkap bisa menjadi salah satu cara paling efektif untuk membunuh tikus di rumah Anda.

3. Pilih umpan terbaik untuk perangkap tikus.
Anda dapat menggunakan makanan apa pun yang dimakan tikus di rumah Anda sebagai umpan, atau makanan favorit yang disetujui tikus seperti coklat, selai kacang, bacon, oatmeal, buah kering, atau olesan hazelnut. Gantilah dengan umpan segar setiap dua hari sekali. Jika makanannya tidak berfungsi, Anda bisa mencoba menggunakan bahan sarang seperti bola kapas atau bulu.


4. Penempatan perangkap tikus yang tepat sangatlah penting.
Tempat Anda memasang perangkap tikus sangat penting untuk membasmi hama ini secara efektif. Tempatkan jebakan tegak lurus dengan dinding dengan bagian pemicu menghadap ke alas tiang. Hal ini menyebabkan tikus berlari langsung ke umpan karena secara alami ia berlari sepanjang dinding, bukannya berlari melewati perangkap dari arah yang salah, sehingga memicu jebakan sebelum waktunya.

5. Tempatkan tempat umpan dengan hati-hati di dalam rumah.
Stasiun umpan, atau rodentisida, adalah paket tertutup yang berisi makanan atau pelet. Mereka biasanya dijual dengan tempat umpan yang mengandung racun secara aman. Tikus memakan umpan ini dan mati. Meskipun berguna dalam membasmi tikus, menggunakannya di rumah bukanlah cara terbaik untuk membunuh tikus di dalam rumah. Produk-produk ini paling baik ditangani oleh profesional manajemen hama terlatih untuk memastikan keselamatan Anda, anak-anak, dan hewan peliharaan Anda.


6. Sanitasi yang baik tidak akan bisa mengusir tikus, tetapi sanitasi yang buruk akan menarik perhatian tikus.
Tikus dapat bertahan hidup hanya dengan tiga hingga empat gram makanan per hari, jadi hanya sedikit remah saja sudah cukup untuk mereka. Vakum lantai Anda dan pastikan untuk mengelap meja, menghilangkan residu, remah-remah, dan akses apa pun ke sumber makanan. Simpan makanan dalam toples kaca atau wadah kedap udara. Jangan lupa tentang mengamankan sampah Anda. Tikus memiliki gigi seri yang tajam sehingga mereka dapat mengunyah apa saja – bahkan beton, sehingga kantong plastik bukanlah tandingan hewan pengerat yang lapar.

7. Atasi tikus di dalam dan di luar rumah.
Singkirkan puing-puing di sekitar rumah tempat tikus bersembunyi. Minimalkan gulma dan hancurkan liang serta area bersarang saat Anda menemukannya. Melapisi fondasi rumah Anda dengan kerikil tebal adalah cara yang baik untuk mencegah sarang dan lubang. Semakin sedikit sampah dan kekacauan di sekitar rumah dan properti Anda, semakin mudah untuk mengenali tanda-tanda aktivitas hewan pengerat dan menghentikan kematian tikus di jalurnya.(patrisia argi)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *