Cara Meningkatkan Kesadaran Diri Anda

Cara meningkatkan kesadaran diri.(Foto: linkedin)

Sukoharjonews.com – Kesadaran diri adalah kemampuan Anda untuk memahami dan memahami hal-hal yang membentuk diri Anda sebagai individu, termasuk kepribadian, tindakan, nilai, keyakinan, emosi, dan pikiran Anda. Intinya, ini adalah keadaan psikologis di mana diri menjadi fokus perhatian .


Dilansir dari verywell mind, Kamis(30/5/2024), mskipun kesadaran diri adalah inti dari identitas Anda, itu bukanlah sesuatu yang benar-benar Anda fokuskan setiap saat dan setiap hari. Sebaliknya, kesadaran diri menjadi terjalin dalam diri Anda dan muncul pada titik yang berbeda tergantung pada situasi dan kepribadian Anda .

Bagaimana Kesadaran Diri Berkembang?
Kesadaran diri merupakan salah satu komponen konsep diri yang pertama kali muncul. Manusia tidak dilahirkan dengan kesadaran diri sepenuhnya. Namun bukti menunjukkan bahwa bayi memiliki kesadaran diri yang belum sempurna.

Bayi menyadari bahwa dirinya terpisah dari orang lain, sebagaimana dibuktikan dengan perilaku seperti refleks rooting, yaitu bayi mencari puting ketika ada sesuatu yang menyentuh wajahnya. Para peneliti juga menemukan bahwa bayi baru lahir pun dapat membedakan antara sentuhan diri dan non-diri.

Kesadaran Diri dan Tugas Pengenalan Cermin
Salah satu cara penelitian dapat mengukur kesadaran diri adalah dengan menggunakan apa yang dikenal sebagai tugas cermin pengenalan diri. Dalam penelitian klasik yang dilakukan oleh peneliti Lewis dan Brooks-Gunn, para peneliti menggunakan tugas ini untuk menguji bagaimana kesadaran diri berkembang.


Kesadaran Diri dan Otak
Para peneliti telah mengusulkan bahwa area otak yang dikenal sebagai anterior cingulate cortex yang terletak di daerah lobus frontal memainkan peran penting dalam mengembangkan kesadaran diri. Penelitian juga menggunakan pencitraan otak untuk menunjukkan bahwa wilayah ini menjadi aktif pada orang dewasa yang sadar diri.

Tingkat Kesadaran Diri
Jadi bagaimana sebenarnya anak-anak menyadari diri mereka sebagai makhluk yang terpisah? Salah satu teori utama kesadaran diri, yang diperkenalkan oleh psikolog perkembangan Philippe Rochat, menyatakan bahwa ada lima tingkat kesadaran diri. Perkembangan anak-anak melalui tahap-tahap ini antara lahir dan kira-kira usia 4 atau 5:

Diferensiasi :
Seorang bayi mulai mengenali bayangannya sendiri. Mereka mungkin mendeteksi ada sesuatu yang berbeda atau istimewa saat melihat bayangannya.

Situasi :
Seorang bayi mulai mengenali bayangan, keberadaan, dan gerakannya sendiri sebagai sesuatu yang terpisah dari orang-orang di sekitarnya.

Identifikasi :
Ini adalah tahap di mana seorang anak mengetahui sepenuhnya bahwa itu adalah bayangannya sendiri di cermin. Mereka tahu, “Inilah saya .”

Permanen :
Mereka mempunyai kesadaran diri yang lengkap dan dapat mengidentifikasi diri mereka dalam gambar atau video, bahkan ketika penampilan mereka berubah.

Kesadaran diri :
Seorang anak mengadaptasi sudut pandang orang ketiga tentang dirinya; mereka menjadi sadar akan gagasan bahwa orang lain memandang mereka dengan cara tertentu. Hal ini dapat menimbulkan perasaan seperti bangga atau malu .(patrisia argi)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *