Cara Menghindari Kaki Bau

Menghilangkan bau pada kaki. (Foto: merdeka)

Sukoharjonews.com – Saat suhu naik, tubuh Anda mengeluarkan lebih banyak keringat, termasuk kaki Anda. Sepatu dengan ujung tertutup ditambah cuaca panas atau berkeringat sama dengan bau kaki – atau bahkan infeksi seperti kutu air.


Bau kaki dan infeksi terjadi ketika bakteri yang hidup di kulit dan sepatu memakan keringat Anda. (Ew!) Ini menghasilkan produk sampingan asam yang berbau tidak sedap , kata ahli penyakit kaki Joy Rowland, DPM .

“Bakteri dan jamur serta semua serangga kecil yang cantik menyukai panas, kelembapan, dan kegelapan — dan bagian dalam sepatu Anda adalah tempat terbaik untuk terjadinya hal tersebut,” jelasnya.


Dikutip dari Cleveland Clinic, pada Jumat (29/3/2024), berikut beberapa saran dari Dr. Rowland tentang cara menghentikan bau busuk:

1. Rendam Kaki Anda
Membersihkan kaki secara menyeluruh lebih dari sekadar membilasnya saat mandi sebentar. Dr Rowland merekomendasikan merendam kaki Anda dalam campuran cuka dan air atau garam Epsom dan air.

Untuk rendaman garam, larutkan setengah cangkir garam Epsom ke dalam bak atau mangkuk besar berisi air hangat dan rendam selama sekitar 10 hingga 20 menit. Garam epsom menghilangkan kelembapan dari kulit Anda, sehingga membuat bakteri tidak dapat bertahan hidup.

Untuk merendam cuka, campurkan dua bagian air dengan satu bagian cuka ke dalam bak atau mangkuk besar berisi air hangat dan rendam selama 15 hingga 20 menit seminggu sekali. Anda bisa menggunakan cuka putih atau cuka sari apel. Cuka membuat kulit Anda tidak ramah terhadap bakteri. Satu catatan yang perlu diperhatikan: jangan gunakan rendaman ini jika kaki Anda mengalami luka terbuka, tergores atau terpotong, atau jika rendaman tersebut mengiritasi kulit Anda.

Jika Anda lebih suka mandi, penting untuk mencuci kaki Anda secara menyeluruh menggunakan kain lap dan pastikan untuk menggosok sela-sela jari kaki.


2. Disinfeksi Sepatu Anda
Apakah sepatu Anda dikelilingi oleh awan bau berwarna hijau meskipun Anda tidak sedang memakainya? Anda tidak perlu membuangnya. Semprotan disinfektan serbaguna seperti yang Anda gunakan di dapur dapat menghilangkan bau tidak sedap yang berasal dari sepatu Anda. Carilah semprotan dapur yang mengandung etanol dan bahan pembersih lainnya yang dapat membunuh bakteri.

“Keluarkan sol dalam dari sepatu, semprotkan sedikit pada sol dalam, dan biarkan mengering selama 24 jam. Kemudian ketika Anda memasang kembali sol dalam sepatu, Anda telah merawat sepatu tersebut,” kata Dr. Rowland

3. Gunakan Bedak
Jika kaki Anda berkeringat, Anda bisa mencoba antiperspirant kaki yang dijual bebas. Atau lakukan pengobatan rumahan dan taburkan sedikit tepung maizena ke dalam sepatu Anda agar kaki Anda tetap kering.

“Anda bahkan dapat menggunakan antiperspiran ketiak biasa – yang pasti akan membantu mengontrol kelembapannya,” kata Dr. Rowland.

Jika Anda tampaknya tidak dapat mengatasi masalah bau dan sudah waktunya untuk memberikan solusi tambahan, tanyakan kepada dokter Anda obat resep yang dirancang untuk mengatasi kelembapan kaki.


4. Jaga Kaki Tetap Kering
Apa pun metode yang Anda pilih, pastikan untuk mengeringkan kaki dengan baik setelah mandi, berendam, atau berenang. Bau tidak sedap berasal dari kelembapan, jadi penting untuk menjaga kaki, sepatu, dan kaus kaki sekering mungkin, kata Dr. Rowland.

Jika kaki Anda berkeringat seiring berjalannya hari, masukkan kaus kaki tambahan ke dalam tas Anda dan ganti kaus kaki Anda saat makan siang atau setelah berolahraga.

Anda juga bisa membantu menjaga kaki tetap kering dengan memilih kaus kaki berbahan katun, dan sepatu yang terbuat dari bahan alami seperti katun atau kulit. Bahan-bahan alami ini memungkinkan kelembapan pada kaki Anda menguap. Bahan buatan seperti nilon atau plastik memerangkap kelembapan.(patrisia argi)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *