Cara Mengatasi Kesedihan Pasca Holiday Blues

Mengatasi post holiday blues. (Foto: trenasia)

Sukoharjonews.com – Kesedihan pasca-liburan mengacu pada perasaan jangka pendek yang dialami individu setelah liburan, termasuk kesedihan, kesepian, kelelahan, kekecewaan, kelesuan, tekanan mental, atau bahkan ketakutan akan bulan-bulan musim dingin yang akan datang.


Dikutip dari Health, yang dimuat dari beberapa sumber, pada Minggu (14/5/2023), jika perasaan sedih setelah liburan mulai memengaruhi fungsi harian Anda, seperti membuat Anda sulit bangun dari tempat tidur, pergi bekerja atau sekolah, meninggalkan rumah, menghabiskan waktu bersama orang lain, atau menyelesaikan tugas-tugas kecil, mungkin ada baiknya Anda memeriksanya. Namun sebelum itu, Anda bisa menerapkan tips mengatasi Blues Holiday berikut:

1. Tidur yang cukup
Penting untuk mendapatkan tidur yang cukup setiap hari, tidak hanya untuk menjaga kesehatan mental, tetapi juga untuk mencegah kondisi kronis seperti obesitas, diabetes, tekanan darah tinggi, stroke, dan tekanan mental. Orang dewasa berusia 18 tahun ke atas disarankan untuk tidur setidaknya tujuh jam setiap malam.


2. Hindari alkohol dan obat-obatan
Menurut Dr. Nestadt, orang yang merasa sedih atau cemas dapat mengambil manfaat dari menjauhi obat-obatan atau alkohol, karena kedua zat tersebut dapat membuat emosi negatif terasa lebih kuat atau lebih sulit untuk dikelola atau ditafsirkan.

3. Terhubung dengan teman atau keluarga
Bersandar pada teman dan keluarga dapat membantu Anda terus merasa terhubung dan tidak sendirian. Koneksi yang dekat juga dapat berguna dalam membantu Anda menavigasi apa yang sedang Anda alami.

“Kemungkinan seseorang yang dekat dengan Anda dapat berhubungan dengan perasaan ini, dan membagikannya dengan seseorang dapat menghilangkan rangkaian perasaan sendirian di dalamnya,” kata Torres-Mackie.


4. Lakukan beberapa aktivitas fisik
Stres musim liburan dapat membuat orang tersesat dari rutinitas olahraga mereka, tetapi berolahraga secara teratur dapat bermanfaat bagi gejala depresi atau kecemasan. Untuk mempertahankan motivasi atau mulai berolahraga lagi, ajaklah anggota keluarga atau teman untuk berolahraga bersama Anda, atau pilih aktivitas yang Anda sukai agar tetap sibuk.

5. Mencoba sesuatu yang baru
Jika Anda berencana membuat rencana untuk aktivitas di masa mendatang, Anda dapat tetap berpegang pada sesuatu yang sudah terbukti benar, seperti makan di restoran favorit Anda atau menjadwalkan malam permainan dengan teman dekat. Tapi Anda juga bisa mencoba aktivitas baru seperti mencoba resep baru di rumah atau mengikuti kelas dansa yang sudah lama Anda minati.


6. Makan makanan yang seimbang dan bergizi
Stres tambahan selama musim liburan dapat menyebabkan orang meraih makanan tinggi lemak dan tinggi gula yang kemudian dapat menyebabkan lebih banyak stres atau kecemasan. Untuk mempertahankan kebiasaan makan yang sehat selama liburan dan di hari-hari setelahnya coba tambahkan atau gantikan makanan yang lebih sehat, termasuk buah dan sayuran segar, ke dalam rencana makan Anda. (cita septa)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *