Cara Mencegah Dehidrasi Saat Puasa Yang Perlu Anda Ketahui

Mencegah dehidrasi ketika puasa. (Foto: the national)

Sukoharjonews.com – Dehidrasi adalah kondisi ketika seseorang kehilangan cairan tubuh berlebih yang dapat memicu berbagai macam masalah kesehatan. Dehidrasi rentan terjadi saat sedang menjalani puasa, terlebih jika Anda tidak mengelola pola makan dan minum dengan baik.


Dikutip dari Siloam Hospital, pada Sabtu (1/4/2023), dehidrasi ini dapat memicu berbagai macam masalah kesehatan, di antaranya kejang karena gangguan keseimbangan elektrolit, hipertermia, infeksi saluran kemih, hingga gangguan ginjal. Untuk itu, simak penjelasan cara mencegah dehidrasi saat puasa berikut:

1. Batasi konsumsi garam
Membatasi konsumsi garam juga menjadi cara mencegah dehidrasi saat puasa berikutnya. Pasalnya, garam mengandung natrium tinggi yang dapat menarik dan menahan air di dalam tubuh sehingga turut meningkatkan rasa haus. Bila kebutuhan cairan tubuh tidak tercukupi, kondisi tersebut dapat menyebabkan dehidrasi ketika puasa.


2. Batasi Aktivitas Fisik Berat
Tips mencegah dehidrasi saat puasa selanjutnya yaitu dengan membatasi aktivitas fisik berat, terutama saat siang hari. Aktivitas fisik berat dapat memicu tubuh untuk mengeluarkan cairan melalui keringat. Keringat berlebih yang terjadi saat sedang berpuasa berisiko menyebabkan dehidrasi dan membuat tubuh merasa lelah. Jika ingin berolahraga, Anda disarankan untuk memilih jenis olahraga dengan intensitas ringan, seperti jalan kaki, yoga, senam aerobik, dan bersepeda.

3. Membuat Jadwal Minum Air Putih
Selama berpuasa, penting bagi Anda untuk memperhatikan asupan cairan tubuh agar tetap tercukupi dengan baik. Hal tersebut dapat Anda lakukan dengan menerapkan pola 2-4-2 dalam mengonsumsi air putih saat puasa, yaitu minum 2 gelas air putih saat berbuka, 4 gelas air putih di malam hari setelah berbuka hingga menjelang waktu sahur, dan dua gelas air putih saat sahur. Hindari pula mengonsumsi air putih dengan jumlah banyak secara sekaligus karena hal tersebut berisiko menyebabkan perut kembung hingga gangguan keseimbangan kadar elektrolit di dalam tubuh.


4. Hindari Konsumsi Kafein Berlebih
Cara mencegah dehidrasi saat puasa yang tidak kalah penting yaitu membatasi konsumsi makanan atau minuman yang mengandung kafein, seperti kopi dan teh. Pasalnya, konsumsi kafein berlebih turut mendorong tubuh untuk sering buang air kecil yang berisiko memicu terjadinya dehidrasi. Selain itu, Anda juga perlu membatasi konsumsi makanan atau minuman yang mengandung gula tinggi karena dapat menyebabkan rasa haus selama puasa.

5. Perbanyak Konsumsi Buah dan Sayur
Cara mencegah dehidrasi saat puasa yang pertama adalah dengan memperbanyak konsumsi buah dan sayur selama berbuka hingga sahur. Buah dan sayur umumnya mengandung banyak air yang dapat membantu mencukupi kebutuhan cairan tubuh selama berpuasa. Beberapa jenis buah dan sayur yang baik dikonsumsi saat sahur atau berbuka puasa di antaranya semangka, jeruk, melon, apel, brokoli, selada, dan bayam. Selain mencegah dehidrasi, buah dan sayur juga memiliki kandungan serat yang tinggi sehingga dapat membuat tubuh merasa kenyang lebih lama serta menurunkan risiko terjadinya sembelit selama bulan puasa.

Demikian sejumlah cara mencegah dehidrasi saat puasa yang dapat Anda lakukan dengan mudah. (cita septa)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *