Cara Cepat dan Efektif Turunkan Demam Pada Anak

Tips menyembuhkan demam. (Foto: primaya hospital)

Sukoharjonews.com – Ada beberapa cara menurunkan demam pada anak dan orang dewasa yang dapat dilakukan. Meskipun demam merupakan kondisi yang umum, jika tidak segera ditangani dapat menyebabkan aktivitas sehari-hari terganggu.


Dilansir dari siloam hospital, Kamis(18/4/2024), demam adalah kondisi ketika suhu tubuh lebih tinggi daripada suhu normal atau di atas 38 derajat Celcius. Demam bukanlah suatu penyakit, melainkan gejala yang menandakan adanya kondisi tertentu dalam tubuh, misalnya infeksi bakteri atau virus.

Selain berkonsultasi dengan dokter, terdapat beberapa cara menurunkan demam yang dapat diterapkan di rumah. Apa saja itu? Simak selengkapnya dalam artikel berikut ini

Cara menurunkan panas pada orang dewasa maupun anak-anak dapat dilakukan dengan langkah sederhana, mulai dari memperbanyak asupan cairan hingga beristirahat dengan cukup. Berikut masing-masing penjelasannya.


1. Merendam Kaki
Cara menurunkan demam yang pertama adalah dengan merendam kaki di air bersuhu normal, tidak hangat ataupun dingin. Anda dapat mencampurkan beberapa tetes minyak atsiri / essential oil pada air rendaman untuk menambah sensasi menenangkan. Lakukan cara ini kurang lebih 20 menit hingga suhu tubuh menurun dan badan semakin rileks.

2. Mengompres dengan Air Hangat
Cara meredakan demam tinggi pada orang dewasa atau anak-anak berikutnya adalah mengompres badan dengan air hangat. Meski metode ini cukup sederhana, namun kompres air hangat terbukti mampu membantu menurunkan suhu tubuh.

Hindari menggunakan kompres air dingin untuk menurunkan demam karena dapat menyebabkan tubuh menggigil. Anda dapat membasahi kain dengan air hangat lalu menempelkan kain tersebut di area leher, dada, ketiak, dan dahi.


3. Memperbanyak Asupan Cairan
Memperbanyak asupan air putih atau cairan elektrolit dapat menjadi salah satu cara mengobati demam. Tindakan ini bertujuan untuk mencegah dehidrasi dan memenuhi kebutuhan cairan tubuh yang turut meningkatkan kekebalan tubuh. Selain air mineral, kebutuhan cairan tubuh juga bisa tercukupi melalui minuman dan makanan hangat, seperti teh tawar hangat, atau sup ayam.

Mengonsumsi minuman atau makanan hangat ketika demam dapat membantu mengencerkan lendir yang menyumbat hidung serta mendorong produksi keringat untuk mempercepat kembalinya suhu tubuh normal.

4. Menjaga Suhu Ruangan Tetap Sejuk
Cara menurunkan demam berikut nya adalah menjaga suhu ruangan tetap sejuk. Pastikan suhu ruangan tidak terlalu panas, karena akan menyebabkan badan gerah dan tidak nyaman. Namun, pastikan juga bahwa ruangan tidak terlalu dingin agar tubuh tidak menggigil.

Suhu ruangan yang sejuk dan sirkulasi udara yang baik dapat membantu penderita demam beristirahat secara nyaman, sehingga proses penurunan suhu tubuh dan pemulihan kesehatan akan semakin cepat.

5. Mengonsumsi Air Kelapa
Air kelapa dapat menjadi salah satu cara meredakan demam, karena mengandung berbagai vitamin, mineral, dan elektrolit yang dapat membuat badan lebih segar dan berenergi. Namun, ada baiknya pilihlah air kelapa segar tanpa tambahan gula agar manfaat yang diperoleh lebih optimal.(patrisia argi)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *