Cara Berbeda untuk Melawan Rambut Rontok

Cara mengatasi rambut rontok.(Foto: vecteezy)

Sukoharjonews.com – Tahukah Anda bahwa nanas, buah tropis favorit semua orang, dapat menjadi bahan rahasia untuk rambut sehat? Buah yang manis dan asam ini mengandung nutrisi yang dapat bermanfaat bagi rambut Anda. Dari mendorong pertumbuhan rambut hingga meningkatkan kesehatan kulit kepala, nanas adalah pengobatan alami dan efektif yang dapat meningkatkan kesehatan rambut Anda.


Dilansir dari healthshots, Minggu (1/9/2024), Nanas mengandung banyak enzim, termasuk bromelain, yang telah terbukti memecah protein, mengelupas kulit kepala, dan merangsang pertumbuhan rambut. Nanas juga mengandung vitamin dan mineral seperti vitamin C, mangan, dan tembaga, yang diperlukan untuk folikel rambut yang sehat dan dapat membantu mencegah rambut rontok. Cobalah beberapa kiat DIY sederhana dan mudah dengan nanas yang akan membuat rambut Anda terasa halus dan sehat.

Apa itu nanas?
Nanas adalah buah tropis asli Amerika Selatan, kaya akan vitamin, mineral, dan antioksidan, seperti yang ditemukan dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Food Research International . Nanas mengandung enzim yang disebut bromelain, yang memecah protein dan membantu pencernaan. Nanas juga merupakan sumber vitamin C, mangan, dan nutrisi penting lainnya yang baik. Buah ini memiliki daging buah yang berair dan daun yang keras dan berlilin, menjadikannya bahan serbaguna untuk keperluan kuliner, pengobatan, dan kosmetik.


Manfaat Nanas untuk Rambut
Nanas menawarkan berbagai manfaat yang mengejutkan bagi kesehatan rambut. Berikut caranya:

1. Meningkatkan pertumbuhan rambut
Nanas mengandung enzim bromelain, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam International Journal of Nutrition and Food Sciences , yang membantu memecah protein dan dapat meningkatkan aliran darah ke kulit kepala. Peningkatan aliran darah membawa nutrisi penting ke folikel rambut, mendorong pertumbuhan rambut yang sehat. Selain itu, bromelain meningkatkan kesehatan kulit kepala dengan mengurangi ketombe dan iritasi, yang diperlukan untuk pertumbuhan rambut yang optimal.

2. Mengurangi ketombe
Nanas mengandung sifat antijamur alami, seperti yang ditemukan dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Asian Pacific Journal of Tropical Biomedicine yang dapat membantu mengendalikan pertumbuhan ragi, penyebab umum ketombe. Dengan menargetkan jamur ini, nanas dapat meringankan gejala ketombe seperti kulit mengelupas dan gatal.


3. Meningkatkan kesehatan kulit kepala
Nanas kaya akan khasiat antiperadangan, seperti yang ditemukan dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Food Research International , dan dapat membantu menenangkan kulit kepala yang meradang dengan mengurangi kemerahan dan iritasi. Kulit kepala yang sehat diperlukan untuk meningkatkan kesehatan rambut.

4. Membuat rambut berkilau
Nanas kaya akan vitamin C dan antioksidan, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam International Journal of Nutrition and Food Sciences , yang dapat membantu meningkatkan kilau alami rambut Anda. Nutrisi ini melindungi rambut dari kerusakan yang disebabkan oleh stresor lingkungan dan meningkatkan penampilan yang sehat dan bercahaya.

5. Memperbaiki kerusakan
“Mangan dan mineral penting lainnya yang ditemukan dalam nanas dapat membantu memperbaiki dan membangun kembali struktur rambut yang rusak. Ini sangat bermanfaat bagi mereka yang memiliki rambut kering, rapuh, atau rusak,” jelas dokter kulit Dr. DM Mahajan . Namun, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk membuktikan klaim tersebut.(patrisia argi)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *