Car Free Day Klaten Dibuka Kembali, Tapi Lokasinya Pindah di Jalan Ini

Pemkab Klaten kembali menggelar CFD mulai Minggu (3/7/2022) di Jalan Mayor Kusmanto. (Foto: Pemkab Klaten)

Sukoharjonews.com (Klaten) – Selama masa pandemi corona, Pemkab Klaten menutup penyelenggaraan “Car Free Day” (CFD). Namun, seiring melandainya kasus corona, Pemkab Klaten, Provinsi Jawa Tengah kembali memutuskan membuka kembaoi CFD mulai Minggu (3/7/2022). Namun, lokasi CFD dipindahkan, tidak lagi di Jalan Pemuda, tapi di Jalan Mayor Kusmanto.


Kepala Seksi (Kasi) Pengendalian Operasional Lalu Lintas dan Perparkiran Dishub Klaten, Nunung Wahyu Dwiningsih menyampaikan bahwa lokasi CFD tepat diantara simpang empat Pandanrejo sampai dengan simpang lima Bramen. CFD digelar mulai pukul 05.00 WIB sampai dengan 09.00 WIB.

“CFD Klaten sudah berhenti selama dua tahun karena pandemi corona dan dalam pembukaan kembali, CFD akan dibagi menjadi beberapa segmen,” jelas Nunung dikutip dari laman Pemkab Klaten, Kamis (30/6/2022).

Menurutnya, segmen olah raga dan kesehatan dari simpang tiga Jalan Mayor Kusmanto tiga (depan Inspektorat) sampai dengan SPBU Jalan Mayor Kusmanto. Kemudian segmen seni budaya dan entertainment dari SPBU Mayor Kusmanto sampai simpang empat Jalan Noroyono (depan kantor KPU), dan segmen pendidikan atau edukasi dari depan kantor KPU hingga Thalia Skincare (samping swalayan metro).

“Pengaturan untuk PKL, paving sisi barat diperuntukkan untuk kuliner dan paving sisi timur diperuntukkan untuk non kuliner,” ujarnya.

Seperti CFD sebelumnya, segala jenis kendaraan bermotor dilarang melintas. Selain itu, selama CFD untuk permainan dengan kapasitas atau volume besar dan kereta kuda dilarang beroperasi.

Nunung juga mengatakan, terkait dengan Lokasi parkir direncanakan di ruas Jalan Mayor Kusmanto dari simpang empat Pandan Rejo sampai dengan simpang tiga Jalan Mayor Kusmanto tiga (depan inspektorat), dari simpang lima Bramen sampai Thalia skincare, dan seluruh ruas jalan akses masuk kampung seperti Jalan Parikesit, Jalan Noroyono, Jalan Noroyono satu, Jalan Bima, dan Jalan Sungkur.

“Pengalihan arusnya, dari arah Jogja ke Solo dialihkan melalui Jalan Kartini dan Jalan Diponegoro. Dari Jogja ke Jatinom atau Boyolali dialihkan melalui patung Ki Nartosabdo melalui merapi resto arah ke ngupit. Dari Klaten kota ke Solo lewat simpang empat Pandanrejo melalui simpang empat Bareng ke kiri arah Solo. Kemudian Klaten kota ke Boyolali melalui simpang empat Pandanrejo lurus belok kiri melalui Bramen dan simpang empt Sangkalputung,” pungkasnya. (nano)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.