Buah yang Harus Dikonsumsi Saat Anda Sedang Diare

Buah untuk diare. (Foto: aladokter)

Sukoharjonews.com – Ketika dalam kondisi diare, mengonsumsi buah tidak hanya dapat meringankan gejalanya, tetapi juga menggantikan elektrolit dan gula tubuh yang hilang. Konsumsi buah untuk diare yang tepat dibarengi dengan perawatan di rumah akan membantu perbaikan gejala diare.


Dikutip dari Siloam Hospital, pada Sabtu (15/5/2023), diare adalah kondisi yang dapat menyebabkan penderitanya kehilangan banyak cairan dan elektrolit dalam tubuh. Jadi, guna mengimbangi energi dan cairan tubuh yang hilang, penderita disarankan mengonsumsi buah-buahan. Adapun beberapa pilihan buah yang cocok untuk penderita diare adalah sebagai berikut:

1. Pisang
Bukan tanpa alasan pisang menjadi pilihan buah untuk penderita diare. Buah berwarna kuning ini mengandung pektin (serat larut air) yang dapat mempermudah kerja usus dalam mengolah makanan menjadi feses. Manfaat kalium dalam pisang juga bisa menggantikan elektrolit tubuh yang hilang akibat diare. Buah untuk diare ini juga diketahui mengandung serat dan senyawa prebiotik bernama fructooligosaccharide (FOS) atau oligofructan yang dapat membantu melawan bakteri jahat dengan cara meningkatkan jumlah bakteri baik dalam usus.


2. Kelapa
Pilihan buah untuk diare berikutnya adalah kelapa. Pasalnya, buah ingin memiliki kandungan air yang tinggi serta elektrolit seperti kalium, sehingga baik dikonsumsi oleh penderita diare dalam masa pemulihan. Kandungan kalium dalam air kelapa bermanfaat untuk melancarkan sirkulasi darah. Lancarnya sirkulasi darah menuju saluran pencernaan yang sedang mengalami peradangan dapat membantu sistem kekebalan tubuh dalam melawan infeksi penyebab diare. Selain itu, sirkulasi darah yang lancar juga bisa meningkatkan energi sehingga penderita tidak lagi merasa lemas.

3. Semangka
Semangka adalah pilihan buah untuk diare yang baik dikonsumsi karena memiliki kandungan air dalam jumlah tinggi. Kandungan air dalam semangka dapat membantu mengembalikan cairan tubuh yang hilang akibat diare. Di samping itu, tekstur semangka cukup lembut, sehingga sangat mudah dicerna oleh usus.


4. Nanas
Rekomendasi buah untuk penderita diare berikutnya adalah nanas. Enzim bromelain yang terkandung di dalam nanas diketahui dapat membantu mencegah timbulnya diare akibat bakteri berbahaya. Selain itu, buah ini juga dapat mencegah menempelnya zat asing pada reseptor tertentu di usus yang dapat memperparah gejala diare.

5. Alpukat
Selain apel dan kelapa, alpukat juga menjadi salah satu rekomendasi buah yang bagus untuk penderita diare. Alpukat diketahui mengandung kalium yang tinggi, sehingga dapat menggantikan hilangnya cairan dan elektrolit tubuh akibat diare. Buah ini juga memiliki tekstur yang cukup lembut sehingga lebih mudah dicerna oleh usus.

Perlu diingat bahwa buah-buahan di atas bukanlah obat utama diare. Ketika mengalami kondisi ini, penderita tetap perlu melakukan perawatan lainnya di rumah, seperti mengonsumsi oralit dan memperbanyak asupan air putih agar proses pemulihannya lebih cepat. (cita septa)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *