Buah Bersisik ini Miliki Banyak Manfaat Tersembunyi

Manfaat tersembunyi buah salak.(Foto: aido health)

Sukoharjonews.com – Salak adalah salah satu buah yang cukup populer di Indonesia. Buah yang berasal dari Sumatra dan Jawa ini memiliki kulit berwarna coklat dan bersisik kasar, sehingga dikenal juga dengan nama snake fruit.


Dilansir dari Klikdoter, Kamis (23/5/2024),Selain rasanya enak, yang mana cenderung manis dan asam, ternyata manfaat salak bagi kesehatan juga cukup beragam. Salak mengandung kalsium, fosfor, kalium, vitamin A, vitamin B, vitamin C, karbohidrat, protein, zat besi, dan juga serat. Kandungan tersebut tentu saja sangat dibutuhkan bagi tubuh.

Berikut manfaat salak yang perlu Anda ketahui:

1. Menunjang Kesehatan Mata
Salak mengandung vitamin A yang cukup tinggi. Sebagaimana diketahui, kesehatan mata perlu ditunjang asupan vitamin A yang baik. Salak juga memiliki kandungan beta-karoten, yaitu salah satu antioksidan yang sangat dibutuhkan mata.

2. Menjaga Daya Tahan Tubuh Tetap Baik
Pertahanan tubuh yang baik adalah kunci agar Anda bisa beraktivitas dengan baik. Pertahanan tubuh bisa berada dalam kondisi prima apabila mendapat asupan vitamin B yang memadai. Sementara itu, salak merupakan salah satu buah yang mengandung vitamin B yang melimpah


3. Menambah Stamina
Salak memiliki kandungan karbohidrat atau dalam kata lain punya kadar gula. Tetapi, jenis gula dalam salak adalah jenis gula yang baik. Sehingga, manfaat salak bagi kesehatan juga bisa menambah stamina. Nantinya, karbohidrat dari salak akan diubah menjadi glukosa. Lalu, glukosa akan diubah lagi menjadi energi.

4. Menjaga Kesehatan Jantung
Salak diketahui tidak mengandung kolesterol, tapi mengandung kalium. Kalium punya manfaat baik untuk kesehatan jantung. Tak hanya itu, salak juga memiliki kandungan antioksidan yang dapat menjaga kesehatan pembuluh darah.

5. Menghindari Tubuh dari Penyakit Kronis
Makan buah salak juga dapat membuat tubuh terhindar dari penyakit kronis. Lantaran, salak mengandung antioksidan yang beragam dan bisa menghambat terjadinya peradangan di dalam tubuh.

Dengan demikian, makan salak tidak hanya dapat menurunkan risiko terkena penyakit jantung, tapi bisa mencegah Anda dari diabetes dan stroke. Antioksidan dari buah salak juga dapat mencegah penumpukan sel radang.(patrisia argi)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *