Bertemu Presiden Putin, Jokowi: Indonesia Siap Menjembatani Komunikasi Rusia-Ukraina

Presiden Jokowi bersama Presiden Putin usai pertemuan bersama di Istana Kremlin, Moskow, Kamis (30/6/2022). (Foto: BPMI Setpres/Laily Rachev)

Sukoharjonews.com (Kremlin) – Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan pertemuan dengan Presiden Rusia Vladimir Putin di Istana Kremlin, Kamis (30/6/2022). Jokowi tiba di Istana Kremlin sekitar pukul 15.30 waktu setempat dan langsung melakukan pertemuan “tete-a-tete” dengan Presiden Putin di Ruang Upacara Kenegaraan Istana Kremlin.


“Isu perdamaian dan kemanusiaan selalu menjadi prioritas politik luar negeri Indonesia. Konstitusi Indonesia mengamanatkan agar Indonesia selalu berusaha berkontribusi bagi terciptanya perdamaian dunia. Dalam konteks inilah, saya melakukan kunjungan ke Kyiv dan ke Moskow,” ujar Jokowi dalam pernyataan pers bersama dengan Presiden Rusia Vladimir Putin di Istana Kremlin, Moskow, Rusia, dikutip dari laman Sekretariat Kabinet, Jumat (1/7/2022).

Meskipun situasi saat ini masih sangat sulit, namun Jokowi menegaskan bahwa penyelesaian damai penting untuk terus di kedepankan dan juga ruang-ruang dialog terus dibuka.

“Saya telah menyampaikan pesan Presiden Zelenskyy untuk Presiden Putin dan saya sampaikan kesiapan saya untuk menjadi jembatan komunikasi antara kedua pemimpin tersebut,” ucap Jokowi.

Jokowi menyampaikan, kunjungan ke Ukraina dan Rusia adalah salah satu wujud dari kontribusi dimana konstitusi Indonesia mengamanatkan agar Indonesia selalu berusaha berkontribusi bagi terciptanya perdamaian dunia.

Seperti diketahui, Presiden Jokowi melakukan lawatan ke sejumlah negara dengan diawali ke Jerman untuk menghadiri KTT G7. Kemudian dilanjutkan ke Ukraina dan Rusia untuk mengemban misi perdamaian. (nano)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *