Ragam  

Berkunjung ke Sukoharjo, Puan Maharani Serahkan Bantuan Kepada Pelaku UMKM

Ketua DPR RI, Puan Maharani ditemani Bupati Sukoharjo, Etik Suryani melihat-lihat stan UMKM di Gedung Pusat Promosi Potensi Daerah (GP3D) Sukoharjo, Minggu (3/12/2023).

Sukoharjonews.com – Ketua DPR RI, Puan Maharani melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Sukoharjo, Minggu(3/12/2023). Puan mengikuti sarasehan dengan pelaku UMKM di Gedung Pusat Promosi Potensi Daerah (GP3D) dan menyalurkan bantuan. Puan memberikan bantuan modal usaha untuk 100 pelaku UMKM masing-masing Rp1 juta sehingga total bantuan yang diberikan Rp100 juta.


Dalam kesempatan yang dihadiri ratusan pelaku UMKM tersebut, Puan mengatakan UMKM adalah tulang punggung ekonomi. Saat ada pandemi, ekonomi tidak berjalan karena pelaku UMKM dibatasi pergerakannya dan sekarang pelaku UMKM sudah menggeliat.

“Pelaku UMKM harus bisa memanfaatkan teknologi dengan berjualan secara online dimana saat ini tengah ramai,” ujarnya.

Puan pun menanyakan pada pelaku UMKM yang hadiri apakah sudah mulai menggunakan cara berjualan online. UMKM pun serempak menjawab sudah menggunakan cara berjualan secara online.

“Saya selaku mendorong kepala daerah khususnya di Sukoharjo ini untuk memberikan pelatihan-pelatihan. Apakah pelatihan berjualan online, pelatihan meningkatkan mutu dagangannya sehingga membantu meningkatkan penjualan,” ujarnya.


Kehadiran di Sukoharjo ini, lanjutnya, dirinya ingin sedikit mmebantu modal pelaku UMKM. Meski tidak terlalu banyak setidaknya dapat membantu pelaku UMKM di Kabupaten Sukoharjo.

Dalam kesempatan itu, Puan juga memberikan kesempatan sejumlah pelaku UMKM untuk maju dan menyampaikan keluhannya. Setelah itu, Puan meminta Bupati Sukoharjo untuk menindaklanjuti agar UMKM di Kabupaten Sukoharjo semakin berkembang.

Sedangkan Bupati Sukoharjo, Etik Suryani, menyampaikan sesuai data di Kabupaten Sukoharjo tersapat 198.200 UMKM berbagai sektor. Seperti UMKM batik, rotan, kuliner, makanan kecil, dan lainnya.

Etik juga mengatakan, pelaku UMKM mulai menggeliat sejak PPKM diberlakukan meski sangat terbatas. Selama ini, lanjutnya, Pemkab Sukoharjo juga terus mendorong agar UMKM kembali aktif dan berkembang.


“Salah satunya dengan pemberian fasilitas berdagang khususnya UMKM kuliner di kompleks Gedung Pusat Promosi Potensi Daerah ini,” ujarnya.

Disisi lain, usai sarasehan dengan pelaku UMKM, Puan Maharani juga berkunjung ke Desa Cangkol, Kecamatan Mojolaban untuk memberikan bantuan kepada balita rawan stunting.

Dalam kesempatan tersebut, terlihat hadir Ketua Komisi III DPR RI, Bambang Wuryanto, Bupati Wonogiri, Joko Sotopo, Bupati Klaten, Sri Mulyani, Bupati Karanganyar, Rober Christanto, Bupati Boyolali, M Said Hidayat, dan juga Wakil Wali Kota Solo, Teguh Prakosa. (nano)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *