Bagaimana Saya Dapat Meningkatkan Kadar Serotonin Saya dengan Cepat? Simak Berikut ini

Meningkatkan hormon nserotin.(Foto:Pixabay)

Sukoharjonews.com – Mempelajari cara meningkatkan serotonin—Hormon “perasaan baik”—dapat memberikan banyak manfaat. Serotonin berfungsi sebagai neurotransmitter , mengirimkan pesan kimiawi yang merangsang pusat penghargaan di otak. Melakukan hal itu meningkatkan perasaan bahagia dan sejahtera sekaligus meningkatkan fungsi kognitif seperti memori dan perhatian. Serotonin juga berperan dalam mengatur pencernaan dan tidur.


Dilansir dari Everyday verywell health, Rabu (17/4/2024), anda mungkin bisa meningkatkan kadar serotonin secara alami dengan mengonsumsi makanan tertentu, berolahraga, mengelola stres, dan menghabiskan waktu di bawah sinar matahari. Beberapa suplemen herbal, obat-obatan, dan terapi alternatif juga dapat membantu.

Mengapa Kadar Serotonin Penting?
Memiliki kadar serotonin yang cukup penting untuk kesehatan mental dan fisik Anda. Terlalu sedikit serotonin dapat meningkatkan risiko depresi dan tantangan kesehatan mental lainnya seperti kecemasan dan gangguan obsesif-kompulsif (OCD).

Rendahnya kadar serotonin juga dikaitkan dengan perkembangan penyakit tertentu, termasuk sindrom kelelahan kronis (kelelahan ekstrem dan jangka panjang), fibromyalgia.(kondisi nyeri yang meluas), Alzheimer (penyakit progresif yang menyebabkan masalah ingatan dan kebingungan mental), dan Parkinson (penyakit neurologis yang mempengaruhi pergerakan).


Cara Meningkatkan Serotonin Secara Alami
Meskipun tubuh dapat membuat serotonin sendiri, terkadang produksinya tidak cukup untuk menjaga otak dan sistem lain berfungsi secara optimal. Jika kadar serotonin rendah, risiko depresi, kecemasan, dan masalah lainnya bisa meningkat. Berikut beberapa cara Anda dapat meningkatkan serotonin secara alami.

Makanlah Makanan Kaya Triptofan
Serotonin secara alami diproduksi oleh banyak tanaman. Faktanya, saat ini ditemukan pada sekitar 42 spesies tumbuhan dari 20 famili berbeda, paling sering ditemukan pada akar, daun, batang, buah, dan biji.

Namun, serotonin tidak dapat melewati sawar darah-otak (kelompok pelindung sel padat yang mencegah zat berbahaya memasuki otak), jadi mengonsumsi makanan yang mengandung serotonin bukanlah cara yang efektif untuk meningkatkan kadar serotonin.


Gerakkan tubuhmu
Sudah menjadi rahasia umum bahwa olahraga baik untuk kesehatan mental. Aktivitas fisik mendorong pelepasan beberapa bahan kimia yang membuat Anda merasa lebih baik, termasuk serotonin dan endorfin (hormon yang bertanggung jawab untuk merasa senang). Efek ini dapat menurunkan risiko depresi pada mereka yang rutin berolahraga.

Cobalah Probiotik
Diperkirakan 95% serotonin tubuh diproduksi di usus. Bakteri menguntungkan yang ditemukan di usus ( probiotik ) mengeluarkan zat yang digunakan dalam pembuatan serotonin.

Penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi makanan kaya probiotik membantu meningkatkan bakteri baik usus, yang berdampak positif pada produksi serotonin. Dalam beberapa penelitian terbaru, konsumsi probiotik dikaitkan dengan lebih sedikit gejala depresi dan kecemasan.

Cobalah Herbal Adaptogenik
Adaptogen adalah ekstrak yang digunakan dalam pengobatan herbal yang membantu tubuh mengatasi stres akibat kecemasan, kelelahan, trauma, atau infeksi. Herbal dianggap membantu menjaga sistem tubuh, termasuk sistem hormon , dalam keadaan seimbang ( homeostatis ).(patrisia argi)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *