Apa yang Terjadi pada Tubuh Anda Saat Makan Kentang

Mamfaat kentang rebus.(Foto: tasting table)

Sukoharjonews.com – Kentang bukanlah karbohidrat yang “buruk”. Salah satu contohnya adalah kentang bersifat berkelanjutan, dengan karbon dan jejak air yang rendah, serta membutuhkan lebih sedikit lahan untuk produksinya dibandingkan dengan tanaman lainnya, menurut sebuah studi pada tahun 2021 yang dimuat dalam jurnal Potato Research .


Dilansir dari Eating well, Selasa (23/4/2024), reputasinya seringkali tidak menyehatkan, kentang menempati posisi teratas sebagai sayuran yang paling umum dikonsumsi di Amerika Serikat, menurut Departemen Pertanian. Namun apa jadinya jika Anda makan kentang? Apakah kesehatan Anda akan terganggu? Mari selami lebih dalam untuk mengetahui nilai gizi kentang, potensi manfaat kesehatan dan kerugian dari memakan umbi ini setiap hari.

Manfaat Kentang Bagi Kesehatan
Anda Mungkin Merasa Kenyang Lebih Lama
Bentuk kentang yang Anda makan dapat memengaruhi rasa kenyang Anda—hal ini mungkin terkait dengan bagaimana struktur tepung kentang berubah setelah dimasak, menurut sebuah studi tahun 2020 di Nutrients .

Secara khusus, kentang yang direbus menghasilkan pati yang lambat dicerna dan resisten, berdasarkan penelitian di LWT pada tahun 2020. Hal ini pada akhirnya memperlambat pencernaan dan penyerapan karbohidrat. Akibatnya, jika makanan Anda termasuk kentang, Anda mungkin merasa kenyang dan kenyang lebih lama, menurut penelitian tahun 2018 di Nutrients . Pada akhirnya, Anda cenderung tidak makan berlebihan atau ingin ngemil segera setelah makan.


Dapat Meningkatkan Kesehatan Usus Anda
Kentang utuh mengandung pati resisten, yang difermentasi oleh bakteri di usus besar Anda. Artinya, kentang dianggap sebagai prebiotik, sehingga memberi makan bakteri “baik” di usus Anda, menurut penelitian tahun 2019 di American Journal of Potato Research . Mengonsumsi kentang utuh dan makanan sumber prebiotik lainnya , seperti bawang putih, membantu menjaga mikrobioma yang sehat, meningkatkan pencernaan, dan mendukung kesehatan kekebalan tubuh.

Memiliki Tekanan Darah Lebih Baik
Kentang kaya akan potasium, kata National Institutes of Health , mineral yang mendukung saraf, otot, ginjal, dan jantung Anda. Kalium juga memainkan peran penting dalam mengatur tekanan darah. Satu kentang menyediakan sumber potasium yang baik.

Fakta Nutrisi Kentang
Satu kentang matang (sekitar 5 ons) dengan kulit mengandung bahan berikut, menurut USDA :

  • Kalori: 118
  • Jumlah Karbohidrat: 27 g
  • Serat Makanan: 2 g
  • Total Gula: 1 g (alami)
  • Protein: 3 gram
  • Lemak Total: 0 gram
  • Lemak Jenuh: 0 gram
  • Natrium: 5mg
  • Kalium: 515 mg
  • Vitamin C: 18mg. (patrisia argi)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *