Makanan Berserat dan Bermanfaat Bagi Kesehatan Usus

Makanan berserat dan bermanfaat untuk usus. (Foto: tokopedia)

Sukoharjonews.com – Ketika berbicara tentang menambahkan serat ke dalam makanan sehari-hari, banyak orang berpikir bahwa apel adalah sumber serat terbaik. Ketika berbicara tentang makanan tinggi serat, apel langsung terlintas di benak Anda. Namun, hanya mengonsumsi apel untuk memenuhi kebutuhan serat harian bukanlah cara yang tepat. Diet Anda harus selalu mencakup beragam makanan yang dapat memberi Anda beberapa nutrisi penting. Menariknya, ada beberapa alternatif yang mengungguli apel dalam hal kandungan seratnya. Jadi, mari kita lihat beberapa makanan kaya serat.


Dikutip dari Healthshots, pada Rabu (1/11/2023), berikut makanan berserat dan bermanfaat bagi kesehatan usus:

1. Blackberry
Tambahkan blackberry ke dalam makanan Anda untuk meningkatkan asupan serat. Buah beri kecil berwarna gelap ini tidak hanya lezat tetapi juga kaya serat. Satu cangkir porsi blackberry mengandung sekitar 7,6 gram serat, hampir dua kali lipat kandungan serat apel berukuran sedang.

2. Biji Chia
Biji chia telah mendapatkan popularitas dalam beberapa tahun terakhir karena manfaat nutrisinya, tidak terkecuali kandungan seratnya. Dua sendok makan biji chia saja sudah menyediakan 10 gram serat. Saat dicampur dengan cairan, biji chia ( resep puding biji chia ) membentuk konsistensi seperti gel, menjadikannya tambahan yang sempurna untuk smoothie, yogurt, atau sebagai bahan dasar puding chia.


3. Lentil
Beralih dari buah-buahan, mari kita bicara tentang kacang-kacangan. Lentil adalah sumber serat makanan dan protein yang luar biasa. Satu cangkir lentil matang menghasilkan sekitar 15 gram serat, jauh lebih banyak daripada yang Anda temukan dalam apel. Lentil serbaguna dan dapat digunakan dalam sup, semur, salad, dan banyak lagi.

4. Raspberry
Raspberry adalah buah beri lain dengan kandungan serat yang mengesankan. Satu cangkir raspberry menyediakan sekitar 8 gram serat, melebihi kandungan serat apel. Mereka juga kaya akan antioksidan dan vitamin, menjadikannya bergizi untuk makanan Anda.


5. Artichoke
Di antara sayuran, artichoke menonjol sebagai sumber serat. Satu artichoke matang berukuran sedang mengandung sekitar 10,3 gram serat, melebihi kandungan serat apel. Mereka juga rendah kalori dan antioksidan, menjadikannya pilihan yang sehat untuk sistem pencernaan Anda.(cita septa)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *