Kaki dan Tangan Sering Berkeringat? Simak Cara Mengatasinya Berikut!

Mengatasi kaki dan tangan yang sering berkeringat. (Foto: mountain roses)

Sukoharjonews.com – Berkeringat adalah proses alami yang membantu mengatur suhu tubuh, namun keringat berlebih , terutama di tangan dan kaki, bisa membuat tidak nyaman. Kondisi ini, dikenal sebagai hiperhidrosis, mempengaruhi banyak orang di seluruh dunia.


Dikutip dari Healthshots, yang dimuat dari beberapa sumber, pada Sabtu (1/7/2023), hiperhidrosis sendiri adalah kondisi medis yang ditandai dengan jumlah keringat yang berlebihan dan tidak perlu yang melampaui kebutuhan pengaturan suhu normal tubuh. Ini dapat terjadi di area tubuh tertentu, seperti telapak tangan, telapak kaki, ketiak, atau bahkan wajah. Namun Anda tidak perlu khawatir, karena hal itu bisa diatasi dengan berikut:

1. Rendam Tangan dan Kaki dalam Teh Hitam
Merendam tangan atau kaki Anda dalam teh hitam selama 20-30 menit setiap hari dapat membantu mengurangi keringat. Studi tersebut menjelaskan bahwa itu membantu karena adanya tanin, yang memiliki efek astringen alami.


2. Cuka Sari Apel
Cuka sari apel (ACV) telah lama ditetapkan sebagai antimikroba yang dapat membantu menjaga kebersihan tubuh dan mencegah keringat atau bau. Merendam tangan atau kaki Anda dalam campuran cuka sari apel dan air selama 15-20 menit setiap hari dapat membantu menyeimbangkan pH kulit dan mengurangi keringat.

3. Pasta Soda Kue
Sebuah studi tahun 2008 yang diterbitkan oleh PubMed Central menyatakan bahwa soda kue dikenal dengan sifat pengeringan alaminya, yang dapat membantu mengurangi produksi keringat dan menjaga tangan dan kaki tetap kering. Ini dapat membantu menyeimbangkan tingkat pH dan meminimalkan keringat. Buat pasta dengan mencampurkan soda kue dengan air dan oleskan ke tangan dan kaki Anda. Biarkan produk tetap menyala selama 15 hingga 20 menit sebelum membilasnya.


4. Bubuk Cendana
Bubuk cendana memiliki sifat pendinginan dan astringen alami yang dapat membantu mengontrol keringat. Campur bubuk cendana dengan air untuk membuat pasta dan oleskan ke tangan dan kaki Anda. Biarkan bahan tersebut menempel di kulit Anda selama 20 hingga 30 menit sebelum membilasnya. Dianjurkan untuk mengulangi perawatan ini beberapa kali per minggu.

5. Jus Lemon
Jus lemon dikenal dengan sifat astringennya, yang dapat membantu mengurangi keringat berlebih. Gosokkan jus lemon segar ke telapak tangan dan telapak kaki atau campur dengan air dan gunakan sebagai bilas. Biarkan mengering secara alami dan ulangi setiap hari untuk hasil yang optimal.


6. Kamper
Kamper memiliki efek pendinginan dan dapat membantu mengurangi keringat. Larutkan sedikit kapur barus dalam air hangat dan rendam tangan dan kaki Anda di dalamnya selama 15-20 menit. Alternatifnya, Anda bisa mencampurkan bubuk kapur barus dengan bedak atau minyak kelapa dan mengoleskannya ke tangan dan kaki Anda. Ulangi obat ini beberapa kali seminggu.

Tangan dan kaki yang berkeringat memang mengganggu, tetapi dengan perawatan dan perhatian yang tepat, pengaruhnya terhadap kehidupan sehari-hari Anda dapat diminimalkan.(cita septa)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *