Tips  

7 Manfaat Super Kiwi, Salah Satu Makanan Tersehat

Manfaat kiwi. (Foto: Pixabay)

Sukoharjonews.com – Kiwi atau Gosberi Cina adalah nama yang diberikan kepada buah beri yang bisa dimakan dari beberapa jenis tanaman kayu merambat dalam genus “Actinidia”. Actinidia asli berasal dari Shaanxi, Tiongkok. Kelompok kultivar buah kiwi yang paling umum berbentuk oval, kira-kira sebesar telur ayam panjangnya.


Dilansir dari real simple, Rabu (21/2/2024), baik sekadar dinikmati dengan sendok atau dimasukkan ke dalam salad buah yang meriah, kiwi, atau buah kiwi, adalah salah satu buah tropis yang paling disukai, dengan kulit tipis berwarna coklat muda, sedikit berbulu di bagian luar dan berwarna hijau, buah asam manis di bagian luar. di dalam. Warna daging kiwi yang cerah dan mengundang mungkin memberi Anda gambaran betapa bermanfaatnya buah-buahan kecil ini bagi kesehatan.

Tidak Perlu Dikupas: Kulit Kiwi Dapat Dimakan dan Kaya Nutrisi
Meskipun dari luar terlihat tidak menarik, kulit kiwi kaya akan nutrisi dan sangat aman serta sehat untuk dimakan—jadi tidak perlu membuang kulitnya. Faktanya, menurut penelitian yang diterbitkan dalam European Journal of Nutrition, mengonsumsi kiwi SunGold utuh termasuk kulitnya, menyediakan 50 persen lebih banyak serat, 32 persen lebih banyak vitamin E, dan 34 persen lebih banyak folat (alias vitamin B9 ) dibandingkan mengonsumsi SunGold yang dikupas. Kiwi memakainya.


Manfaat Kesehatan Kiwi Terbaik
Manfaat kiwi yang luar biasa bagi kesehatan, dipadukan dengan berbagai cara untuk menambahkannya ke dalam resep, menjadikan kiwi sebagai makanan super padat nutrisi yang mudah dipahami dan salah satu makanan tersehat yang dapat Anda makan setiap hari. Berikut adalah manfaat terbesar dari makan kiwi.

Kiwi kaya akan vitamin C dan E yang meningkatkan kekebalan tubuh.
“Makanan super ini memiliki rasa manis, menyegarkan, dan sedikit tajam, serta merupakan sumber vitamin C yang sangat baik,” kata Bader. Faktanya, dalam satu cangkir kiwi Anda akan mendapatkan lebih dari 200 persen kebutuhan vitamin C harian Anda . Kiwi juga kaya akan vitamin E. Vitamin C dan E sangat penting dalam menjaga sistem kekebalan tubuh yang sehat, karena keduanya merupakan antioksidan kuat yang membantu melawan radikal bebas penyebab penyakit di seluruh tubuh.


Kiwi kaya akan serat untuk kesehatan pencernaan.
Buah kiwi juga dapat menjaga kesehatan usus Anda karena kaya akan serat dan enzim yang membantu pencernaan. Kiwi mengandung serat larut dan tidak larut , memberikan kekuatan penurun kolesterol dan meningkatkan keteraturan dari setiap jenis serat.Ini juga merupakan makanan prebiotik . Prebiotik adalah sejenis serat yang berfungsi sebagai makanan bagi bakteri sehat di mikrobioma usus kita, membantu mereka berkembang.

Kiwi menyediakan senyawa tanaman yang kuat.
Kiwi juga penuh dengan senyawa bioaktif, yang membedakan makanan nabati dari segi nutrisi karena kaya akan antioksidan . “Kiwi kaya akan antioksidan yang membantu mengurangi peradangan pada tubuh,” kata Bader. Kandungan karotenoid kelompok senyawa tumbuhan, terutama lutein dan zeaxanthin, sangat tinggi.


Kiwi memiliki vitamin K untuk mendukung pembekuan darah normal.
Kaya akan vitamin K , kiwi dapat membantu menjaga kesehatan pembekuan darah di seluruh tubuh. Meskipun terlalu banyak pembekuan di seluruh tubuh bisa berbahaya, pembekuan darah yang berfungsi secara teratur sangat penting bagi tubuh untuk pulih dari cedera. Ditambah lagi, vitamin K juga membantu kita menjaga dan mengembangkan kesehatan tulang.

Kiwi kaya akan mineral potasium dan tembaga.
Anda dapat menemukan dosis potasium dan tembaga yang sehat dalam buah kiwi. Kalium adalah elektrolit penting dalam tubuh yang membantu kita menjaga keseimbangan cairan yang sehat. Keseimbangan cairan ini berarti sel-sel kita akan memiliki tingkat cairan normal dan tekanan darah kita akan diatur.


Kiwi membantu mendukung kesehatan jantung.
Kombinasi efek positif serat larut kiwi pada kadar kolesterol, dipadukan dengan kekuatan potasium yang menyeimbangkan cairan menjadikan buah tropis yang tajam ini merupakan makanan yang sangat baik untuk menyehatkan jantung. Ditambah lagi, meskipun kecil, sebuah penelitian menemukan bahwa dengan makan tiga buah kiwi sehari, partisipan menunjukkan tekanan darah sistolik dan diastolik yang lebih rendah jika dibandingkan dengan makan satu apel sehari.

Kiwi mengandung serotonin dan dapat meningkatkan kualitas tidur.
Kiwi juga dapat membantu Anda mendapatkan tidur yang lebih nyenyak .Buah segar ini kaya akan serotonin , neurotransmitter yang merupakan pendahulu melatonin , hormon utama yang bertugas menjaga pola tidur yang sehat.

Meskipun telah diselesaikan sekitar satu dekade yang lalu, sebuah penelitian kecil meneliti dampak kiwi terhadap tidur 24 orang dewasa selama empat minggu. Para peneliti menemukan bahwa makan dua buah kiwi satu jam sebelum tidur dikaitkan dengan peningkatan waktu tidur secara keseluruhan secara signifikan, efisiensi tidur, dan kemampuan untuk tertidur lebih cepat (sleep onset).(patrisia argi)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *