5 Kebiasaan Sehat Ini bisa Dicoba untuk Gugurkan Lemak Berlebih

5 Kebiasaan sehat ini bisa dicoba untuk gugurkan lemak berlebih. (Foto : Freepik)

Sukoharjonews.com – Memiliki perubahan pola makan dan minum saat menjalankan puasa Ramadan tentu membuat kamu perlu beradaptasi dengan beberapa hal agar berat badan tetap ideal.


Dilansir dari Livehealthy, Selasa (4/4/2023), jika tidak memiliki kontrol diri dan tidak menerapkan strategi yang sesuai, kamu bisa jadi mengalami kenaikan berat badan saat Ramadan.

Namun jangan khawatir, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan dalam menjaga berat badan tetap seimbang selama puasa Ramadan. Yuk, simak ulasannya berikut ini.

Tubuh membutuhkan nutrisi dan gizi untuk tetap sehat selama menjalankan ibadah puasa. Sehingga penting untuk memperhatikan jenis makanan yang kamu konsumsi ketika berbuka atau sahur.


1. Hindari Gorengan
Sebaiknya hindari gorengan sebagai menu berbuka ataupun sahur karena gorengan mengandung tinggi kalori namun rendah nutrisi. Minyak yang digunakan untuk menggoreng mudah terserap ke dalam makanan dan meningkatkan kandungan lemak.

Kalori dan lemak berlebih bisa membuat berat badan kamu meningkat Tidak hanya itu, gorengan biasanya juga mengandung banyak garam yang membuat kamu cepat merasa haus dan dehidrasi. Akibatnya, kamu tidak mampu mengontrol porsi makan ketika berbuka atau sahur.


2. Kurangi Konsumsi Gula Berlebih
Buah semangka juga termasuk buah Makanan atau minuman yang mengandung tinggi gula seperti kue, minuman bersoda, atau es campur dengan tambahan pemanis dan susu berlebih dapat meningkatkan kadar gula darah dalam tubuh. Akibatnya, kamu cepat merasa lapar dan sulit kenyang meskipun sudah makan dengan porsi besar.

Selain itu, gula berlebih juga menyebabkan perubahan hormonal pada tubuh. Kondisi ini akan mempengaruhi proses metabolisme tubuh dan mengganggu proses penurunan berat badan. Sebagai solusinya, kamu bisa menggantinya dari buah-buahan. Kamu juga bisa mengkreasikannya menjadi jus atau salad. Tapi ingat untuk tidak menambahkan pemanis tambahan ke dalam olahan tersebut.


3. Jaga Kebutuhan Air Harian
Saat berpuasa, tubuh tidak mendapatkan asupan air yang cukup dari makanan dan minuman seperti biasanya. Akibatnya, tubuh menjadi mudah dehidrasi. Selain menimbulkan rasa haus, dehidrasi juga merangsang rasa lapar. Sehingga ketika berbuka, kamu akan cenderung makan dengan porsi yang tidak seimbang.

Dengan menjaga kebutuhan air harian, kamu dapat mengontrol rasa lapar tersebut dan berdampak pada porsi makan yang cukup saat berbuka nantinya. Dari jurnal yang dipublikasikan Frontiers in Nutrition, kamu dapat menerapkan pola 2-4-2 dalam mengonsumsi air putih saat puasa, yaitu minum 2 gelas air putih saat berbuka, 4 gelas air putih di malam hari setelah berbuka hingga menjelang waktu sahur, dan 2 gelas air putih saat sahur.


4. Buka Puasa dengan Gizi Seimbang
Saat berpuasa, kamu tidak makan dan minum selama beberapa jam sehingga ketika waktu berbuka tiba. Kamu cenderung ingin mengonsumsi makanan dan minuman sebanyak-banyaknya.

Tapi, hal ini dapat menyebabkan penambahan berat badan jika tidak memperhatikan keseimbangan gizi dalam makanan yang dikonsumsi. Buka puasa dengan gizi seimbang dapat membantu mengurangi keinginan untuk mengkonsumsi makanan dan minuman berlebihan dan membantu menjaga berat badan ideal.

Pastikan untuk mengonsumsi makanan yang kaya serat, protein, dan lemak sehat agar dapat membantu menjaga kenyang lebih lama. Hal ini akan membantu mengurangi keinginan untuk mengonsumsi makanan berlebihan.


5. Lakukan Rutinitas Olahraga Ringan
Olahraga ringan dapat membantu membakar kalori dan lemak dalam tubuh. Selama puasa, kamu memiliki pola aktivitas yang berbeda dengan biasanya sehingga tidak ada proses menggunakan lemak sebagai sumber energi. Dengan melakukan olahraga ringan seperti jalan kaki, jogging, atau yoga, tubuh dapat membakar kalori dan lemak lebih efektif yang membantu kamu menjaga berat badan tetap ideal.

Perubahan pola aktivitas juga biasanya menyebabkan stres saat puasa. Nah, kamu juga bisa melakukan rutinitas olahraga untuk mengurangi stres dan meningkatkan kesehatan mental. Saat kamu merasa lebih baik secara mental, kamu cenderung lebih teratur dalam menjaga pola makan sehingga membantu menjaga berat badan tetap seimbang.(patrisia argi)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *