5 Cara Sederhana untuk Tingkatkan Rasa Percaya Diri

Cara meningkatkan kepercayaan diri. (Foto: Freepik)

Sukoharjonews.com – Menumbuhkan rasa percaya diri untuk diri sendiri memang nggak mudah, Beberapa faktor eksternal dan internal bisa berdampak pada kepercayaan diri kita. Kepercayaan diri dapat berdampak pada kehidupan sehari-hari, termasuk pekerjaan dan cara kita berhubungan dengan orang lain.


Dikutip dari Very Well Mind, Selasa (24/1/2023), selain itu, kepercayaan diri juga sangat dibutuhkan karena dapat memengaruhi diri kita dalam meraih impian dan meningkatkan karier. Berikut ini lima hal sederhana yang bisa meningkatkan kepercayaan diri:

1. Berkumpul dengan Lingkungan Positif
Hal pertama yang bisa kamu coba jika masih belum mampu membangun rasa percaya diri yaitu berkumpul dengan orang-orang positif. Hal ini dapat memengaruhi diri kamu dalam berproses membangun percaya diri. Menumbuhkan dan mengembangkan percaya diri membutuhkan waktu yang panjang. Jadi, penting banget dalam memilih lingkungan pertemanan yang tepat!


2. Peduli dengan Diri Sendiri
Percaya diri yang sesungguhnya akan datang dengan cepat jika kamu peduli dengan diri sendiri. Salah satu kegiatan yang bisa kamu coba untuk lebih peduli dengan diri sendiri adalah meditasi. Dengan rutin melakukan meditasi, secara perlahan akan membantu kamu terhubung dengan diri sendiri lebih dalam lagi.

3. Berbicara Positif pada Diri Sendiri
Tak jarang, perkataan dari orang lain bisa membuatmu overthinking hingga menurunkan rasa percaya diri. Hal ini bisa kamu atasi dengan berbicara positif pada diri sendiri. Cobalah memberikan afirmasi positif ke pada diri sendiri sesering mungkin. Ini akan membantu kamu merasa lebih baik dan perlahan bisa jadi lebih percaya diri.


4. Berhenti Membandingkan
Dunia sosial kini cenderung seakan banyak menuntut, akhirnya membuat kamu stres dan rendah diri. Hal ini justru akan menurunkan rasa percaya diri kamu, sehingga membuat kamu cemburu dan membandingkan diri dengan orang lain. Kamu harus mampu menumbuhkan rasa percaya diri dengan berhenti membandingkan diri dengan orang lain.

5. Lakukan Hal Menyenangkan
kamu dapat melakukan hal-hal positif yang menyenangkan. Secara perlahan, kepercayaan diri terhadap kekuatan tersebut akan bertumbuh. Sebuah studi telah melakukan penelitian bahwa dengan melakukan hal yang kamu senangi akan meningkatkan level kekuatan kita. Pada akhirnya, rasa yakin akan kekuatan diri sendiri bisa membantu meningkatkan rasa percaya diri. (patrisia argi/mg)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *