4 Penyebab Umum Kulit Wajah Kering dan Bersisik

Penyebab kulit wajah menjadi kering. (Footo: Quora)

Sukoharjonews.com – Ada banyak faktor yang dapat menyebabkan kekeringan dan pengelupasan pada wajah Anda. Teruskan membaca untuk mengetahui beberapa penyebab umum kulit kering , kebiasaan apa yang harus dihindari, dan siapa yang paling mungkin mengalami masalah kulit ini.


Dilansir dari cerave, Senin (19/2/2024),Kulit kering, bersisik, atau gatal di wajah Anda dapat menyebabkan ketidaknyamanan dan perasaan tidak percaya diri yang berkelanjutan pada beberapa orang.

Meskipun kekeringan dan pengelupasan biasanya bersifat sementara—dan dapat memengaruhi semua jenis kulit pada usia berapa pun, berdasarkan penelitian kami—hal ini paling sering terjadi pada orang dengan kulit kering atau sensitif kronis . Jika Anda yakin bahwa Anda mungkin mengalami gejala kulit kering, kami sarankan untuk terlebih dahulu berkonsultasi dengan dokter kulit bersertifikat untuk mendapatkan rekomendasi terbaik tentang cara mengatasi kekeringan dan mengembalikan tampilan kulit yang terhidrasi dan tampak sehat.

4 Penyebab Umum Kulit Wajah Kering
Meskipun kulit kering dan terkelupas dapat muncul di mana saja di tubuh Anda —mulai dari tangan hingga kaki, siku, atau tungkai—hal ini bisa sangat mengganggu jika menyerang wajah Anda. Jika Anda mengalami kulit kering dan kemudian mengelupas atau gatal pada wajah, ada beberapa faktor yang mungkin menjadi penyebabnya. Berikut adalah beberapa faktor paling umum yang dapat berdampak pada kulit wajah yang terlalu kering.


1) Sabun atau Produk Perawatan Kulit yang Keras
Produk perawatan kulit yang mengandung bahan kimia keras sering kali menjadi penyebab kulit wajah kering atau terkelupas. Hal ini terutama berlaku untuk beberapa produk berbahan alkohol, seperti toner atau astringen yang agresif, yang dapat menghilangkan minyak alami pada kulit dan mengakibatkan peningkatan dehidrasi atau iritasi. Hal ini juga berlaku untuk produk dengan wewangian tinggi, sabun deodoran, sabun wangi, dan produk lain yang mengandung bahan alkohol pengering.

Jika Anda memiliki kulit kering di wajah, biasanya disarankan untuk mencari produk nonkomedogenik, lembut, dan bebas pewangi yang dikembangkan bersama dokter kulit —atau berkonsultasi langsung dengan dokter kulit bersertifikat untuk mendapatkan panduan pribadi. CeraVe merekomendasikan produk pelembab yang lembut, seperti CeraVe Moisturizing Cream , yang mengandung bahan yang dirancang untuk membantu mempertahankan kelembapan, seperti asam hialuronat , dan ceramide untuk membantu memulihkan pelindung kulit.


2) Faktor Eksternal
Jika bercak kulit terkelupas terjadi secara musiman, mungkin penyebabnya adalah faktor lingkungan. Peningkatan kekeringan dapat muncul di wajah Anda setiap kali ada perubahan suhu atau tingkat kelembapan. Kurangnya kelembapan di udara secara umum dapat memengaruhi penampilan kulit Anda, wajah, atau area tubuh mana pun. Untungnya, kekeringan musiman ini cenderung bersifat sementara dan biasanya tidak menimbulkan kekhawatiran.

3) Kondisi Kulit yang Sudah Ada Sebelumnya
Kulit gatal dan kering adalah salah satu masalah kulit yang umum dialami oleh orang-orang dengan kondisi kulit kronis, seperti eksim dan psoriasis . Karena individu yang mengalami kondisi kulit ini mungkin mengalami gangguan pelindung kulit, CeraVe merekomendasikan produk yang diformulasikan dengan ceramide , yang dapat membantu memulihkan pelindung alami kulit.


4) Pengobatan Tertentu
Ada kemungkinan bahwa obat-obatan tertentu juga dapat menyebabkan kulit wajah Anda kering dan terkelupas. Jika Anda yakin Anda mungkin mengalami gejala kulit kering akibat pengobatan Anda, konsultasikan dengan dokter Anda untuk mendapatkan pilihan perawatan terbaik yang dipersonalisasi.

Meskipun banyak kemungkinan penyebab kulit kering di wajah Anda, dokter kulit dapat membantu dengan merekomendasikan produk yang menghidrasi, seperti produk CeraVe yang dikembangkan bersama dokter kulit, bebas pewangi, nonkomedogenik, dan tidak mengeringkan. Untuk mempelajari lebih lanjut tentang kulit kering, baca panduan bermanfaat kami dalam memilih pembersih wajah untuk kulit kering .(Patrisia argi)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *