4 Manfaat Makan Kiwi

Manfaat buah kiwi.(Foto: aladokter)

Sukoharjonews.com – Buah kiwi (kadang disebut kiwi) adalah buah berserat tinggi dengan daging berwarna hijau dan kulit berwarna coklat berbulu halus. Meskipun kebanyakan orang hanya mengambil dagingnya, Anda juga bisa memakan kulit kiwi.


Dilansir dari Primaya verywellhealth, Jum’at (24/5/2024), lebih dari 90% buah Kiwi ditanam di Selandia Baru.Di Amerika Serikat, buah Kiwi terutama ditanam di Kalifornia. Ini adalah salah satu buah yang lebih sehat, terutama karena kandungan seratnya yang tinggi , yang baik untuk sembelit dan memperlambat buang air besar. Ia juga tinggi vitamin C, menjadikannya pilihan yang sangat baik untuk sistem kekebalan tubuh Anda .

Kiwi manis dan tajam dengan tekstur sedikit berpasir. Anda bisa menggigit semuanya, seperti apel, mengirisnya, atau mengambil dagingnya. Meskipun kulitnya dapat dimakan dan kaya akan nutrisi, beberapa orang lebih memilih untuk membuang kulitnya yang berbulu halus. Kiwi bisa dijus atau ditambahkan ke smoothie atau yogurt beku.

Mengonsumsi kiwi menawarkan banyak manfaat, terutama dalam hal serat. Kiwi juga kaya akan vitamin, mineral, dan antioksidan, menjadikannya tambahan yang bagus untuk diet harian Anda.


Kesehatan jantung
Fitokimia (menawarkan perlindungan dari patogen) dan antioksidan (melindungi tubuh dari radikal bebas ) dalam buah kiwi melindungi jantung. Dalam sebuah meta-analisis, para peneliti menemukan bahwa mengonsumsi buah kiwi meningkatkan kolesterol high-density lipoprotein (HDL) (alias kolesterol “baik”) namun tidak menurunkan kolesterol total.

Ditemukan juga bahwa konsumsi kiwi mengurangi trigliserida (lemak yang ditemukan dalam darah). Penelitian ini meminta peserta makan beberapa buah kiwi setiap hari selama satu hingga dua bulan.

Fakta Gizi Buah Kiwi
Satu buah kiwi mengandung yang berikut ini:
Kalori: 42
Protein: 1 gram (g)
Karbohidrat: 10 gram
Gula: 6 gram
Serat: 2,07 gram
Kalsium: 24 miligram (mg)
Magnesium: 12 mg
Fosfor: 24mg
Kalium: 215 mg
Vitamin C: 64mg


Kesehatan pencernaan
Penelitian telah menemukan bahwa kiwi dapat membantu mengatasi masalah pencernaan berikut:

Peningkatan sembelit
Peningkatan ketidaknyamanan dan nyeri perut
Peningkatan gangguan pencernaan
Refluks yang berkurang

Sistem imun
Kandungan vitamin C yang tinggi pada buah kiwi menjadikannya sebagai penambah sistem kekebalan tubuh yang sangat baik . Sebuah penelitian menemukan bahwa makan dua buah kiwi kecil setiap hari dapat menggantikan kebutuhan suplemen vitamin C pada beberapa orang.

Vitamin C adalah antioksidan kuat yang terkenal untuk mendukung sistem kekebalan tubuh. Ini menciptakan penghalang terhadap patogen dan melindungi terhadap stres oksidatif lingkungan. Ini juga meningkatkan jumlah sel B dan T Anda.

Kesehatan Mata
Anda bisa berterima kasih pada tingginya jumlah lutein(Karotenoid yang baik untuk kesehatan mata) pada buah kiwi karena manfaatnya bagi mata. Para peneliti menemukan lutein dapat memperbaiki atau mencegah penyakit makula , suatu kondisi terkait usia yang menyebabkan kebutaan dan mengganggu penglihatan.

Vitamin C dalam kiwi juga berperan dalam kesehatan mata. Sebuah meta-analisis menemukan bahwa asupan vitamin C yang lebih tinggi dikaitkan dengan penurunan risiko terkena katarak . (patrisia argi)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *