4 Manfaat Bunga Pepaya untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

Manfaat bunga pepaya.

Sukoharjonews.com – Siapa sangka jika bunga pepaya ternyata memiliki manfaat bagi kesehatan. Untuk buah pepaya sendiri pasti sudah banyak diketahui karena tanaman ini sering tumbuh liar di pekarangan kita. Namun, tidak hanya buahnya saja yang bisa dimanfaatkan karena bunganya juga memiliki manfaat untuk kesehatan jika dikonsumsi.


Dikutip dari Halodoc, Minggu (19/6/2022), selain buah pepaya, masyarakat sudah banyak yang tahu jika daunnya juga bisa dikonsumsi dan bagus untuk kesehatan. Namun, bagaimana dengan bunga pepaya? Ternyata, bunga dari pohon pepaya juga baik bagi tubuh karena kandungan yang terdapat di dalamnya.

Bunga pepaya mempunyai nilai gizi yang sangat tinggi ketika dikonsumsi oleh tubuh. Bagian dari pohon pepaya ini telah digunakan untuk mencegah berbagai macam penyakit sejak dahulu kala. Bagian dari pepaya ini dapat diolah menjadi obat herbal yang efektif untuk mengobati banyak penyakit.

Di balik rasanya yang pahit, ternyata banyak zat-zat yang penting dan juga dibutuhkan oleh tubuh untuk menjaga kesehatan. Kandungan-kandungan seperti karbohidrat, protein, lemak, hingga berbagai macam mineral layaknya kalsium, fosfor, zat besi dan sodium. Selain itu, kandungan vitamin A, B1, C, E hingga antioksidan juga sangat baik untuk tubuh.

Berikut ini, manfaat bunga Pepaya bagi kesehatan

1. Melancarkan Pencernaan
Tidak hanya buah pepaya yang dapat dikonsumsi untuk melancarkan pencernaan, bagian bunganya juga dapat memberikan manfaat yang sama. Jika bunga tersebut diolah dan dikonsumsi secara rutin, organ vital pencernaan pada tubuh akan menjadi lebih sehat. Kandungan nutrisi yang sangat baik juga dapat membantu proses metabolisme tubuh sehingga mampu menjaga kesehatan dan kebutuhan nutrisi tubuh.


2. Mengobati Diabetes
Bunga pepaya juga disebut-sebut efektif untuk mengobati diabetes yang terjadi. Kamu dapat memanfaatkannya dengan cara mengonsumsi rebusan dari bunga tersebut atau dikonsumsi langsung. Kandungan nutrisi di dalamnya dapat menurunkan kadar insulin pada pengidap diabetes. Walau begitu, belum ada penelitian yang pasti terkait konsumsi bunga pepaya untuk menjaga kadar gula pada tubuh.

Jika kamu mempunyai pertanyaan terkait manfaat dari bunga pepaya untuk tubuh, dokter dari Halodoc dapat menjawab semua pertanyaanmu. Caranya mudah sekali, kamu cukup download aplikasi Halodoc di smartphone yang digunakan untuk mendapatkan kemudahan akses kesehatan.

3. Mencegah Kanker
Manfaat lainnya dari bunga pepaya adalah untuk mencegah kanker yang menyerang. Kandungan bunga pepaya kaya akan flavonoid dan antioksidan yang dapat melawan radikal bebas. Bunga pepaya juga dapat menjaga stabilitas dari sistem kekebalan tubuh. Hal ini didapatkan dari kandungan getah putih susu yang terkandung di dalam daun tersebut. Kamu dapat mendapatkan manfaat tersebut ketika daun pepaya diolah dengan cara apa pun.

4. Menambah Nafsu Makan
Seseorang yang ingin menambah berat badannya dengan cara meningkatkan nafsu makan dapat mengonsumsi bunga pepaya. Meski pahit, bunga tersebut sangat efektif untuk meningkatkan nafsu makan. Cobalah untuk mengolah tanaman tersebut sebagai sayuran ketika makan dengan nasi untuk mengurangi rasa pahit yang timbul.

Itulah beberapa manfaat yang didapatkan oleh tubuh ketika mengonsumsi bunga pepaya secara rutin. Dengan mengetahui beberapa manfaat salah satu dari bagian pohon pepaya tersebut, diharapkan tubuh kamu akan menjadi lebih sehat. (nano)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.