10 Gereja Tertua di Dunia

Gereja tertua di dunia.(Foto: pixabay)

Sukoharjonews.com – Gereja adalah salah satu bangunan paling megah yang pernah ada. Sejak awal zaman, peradaban dan budaya telah berkumpul di bangunan-bangunan ini untuk beribadah, dan banyak dari bangunan kuno ini masih berdiri hingga saat ini.


Dilansir dari oldest, Sabtu (24/2/2024), sejarah gereja-gereja ini adalah perjalanan melintasi waktu itu sendiri. Dan kami telah menemukan beberapa gereja tertua di dunia, dan menyajikannya kepada Anda, di bawah ini:

1. Hagia Sophia
Selama lebih dari 1.000 tahun, Hagia Sophia adalah gereja Kristen terbesar yang pernah ada (dan salah satu gereja terbesar dari denominasi mana pun di dunia).
Dibangun oleh Kaisar Bizantium Justinian I, Hagia Sophia mengalami beberapa perubahan selama bertahun-tahun. Awalnya, gereja ini adalah katedral Kristen, namun telah diubah dari waktu ke waktu. Dan juga pernah menjadi Katedral Ortodoks Yunani, Katedral Katolik Roma, dan masjid kekaisaran.


2. Katedral Etchmiadzin
Katedral Etchmiadzin adalah katedral pertama yang dibangun di Armenia kuno, dan tetap menjadi katedral Kristen tertua yang ada . Awalnya, sebuah gereja dibangun di lokasi yang sama pada tahun 301 M, namun digantikan oleh gereja saat ini pada tahun 483 M.
Saat ini, katedral tersebut masih berdiri dan berfungsi sebagai tempat suci utama bagi umat Kristiani di Armenia. Katedral Etchmiadzin juga merupakan Situs Warisan Dunia UNESCO, dan merupakan salah satu tempat paling populer untuk dikunjungi wisatawan di seluruh negara Armenia.

3. Basilika San Lorenzo, Milan
Basilika San Lorenzo adalah salah satu bangunan tertua yang masih berdiri di Milan. Ketika dibangun, basilika adalah proyek konstruksi terbesar yang pernah ada di dunia Barat. Ketika pembangunannya selesai, itu adalah gereja melingkar terbesar di dunia, dan menjadi inspirasi bagi Hagia Sophia, yang juga ada dalam daftar ini.

Saat ini, Basilika San Lorenzo masih menjadi gereja yang beroperasi, dan beberapa fitur aslinya tetap ada, meskipun sebagian besar telah dibangun kembali selama bertahun-tahun.


4. Katedral Trier
Katedral Trier adalah katedral tertua di Jerman. Awalnya, bangunan ini dibangun di situs Romawi yang mulai dibangun pada akhir abad ketiga. Hal yang paling menarik dari Katedral Trier adalah peninggalannya. Di dalamnya terdapat salah satu Paku Suci yang konon digunakan untuk menahan Yesus di kayu salib ketika dia disalibkan, namun itu bukanlah peninggalan yang paling luar biasa.

Gereja juga memiliki artefak yang dikenal sebagai Jubah Yesus Tanpa Jahitan. Peninggalan ini dikatakan sebagai jubah yang dikenakan Yesus sesaat sebelum penyalibannya. Namun, film ini jarang tersedia untuk dilihat publik, dan terakhir kali diputar pada tahun 2012.


5. Basilika Santo Petrus
Gereja paling terkenal dalam daftar kami adalah Basilika Santo Petrus , rumah dari beberapa karya seni paling terkenal di dunia, termasuk karya Michelangelo, Pieta. Awalnya, gereja ini ditugaskan oleh Konstantinus I, dan merupakan tempat pengobatan Charlemagne, ketika ia diangkat menjadi Kaisar Romawi Suci.(patrisia argi)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *