Zikir yang Dapat Menahan Kemurkaan Allah

Zikir untuk menahan kemurkaan Allah.(Foto: hops)

Sukoharjonews.com – Manusia yang hidup di dunia ini tak lepas dari kesalahan dan perbuatan dosa, baik yang disengaja maupun tidak disengaja. Dalam Islam, membaca dzikir penghapus dosa bisa menjadi salah satu upaya untuk memohon ampunan Allah SWT.


Dikutip dari Bincang Syariah, pada Rabu (19/6/2024), sejatinya banyak ayat membicarakan tentang murka kepada manusia, dengan penjelasan bahwa benar adanya murka Allah itu pedih dan bisa menimpa siapa saja yang melampai batasnya. Sebagaimana QS Thaha ayat 81:

كُلُوا مِنْ طَيِّبَاتِ مَا رَزَقْنَاكُمْ وَلَا تَطْغَوْا فِيهِ فَيَحِلَّ عَلَيْكُمْ غَضَبِي ۖ وَمَنْ يَحْلِلْ عَلَيْهِ غَضَبِي فَقَدْ هَوَىٰ

Makanlah di antara rezeki yang baik yang telah Kami berikan kepadamu, dan janganlah melampaui batas padanya, yang menyebabkan kemurkaan-Ku menimpamu. Dan barangsiapa ditimpa oleh kemurkaan-Ku, maka sesungguhnya binasalah ia.

Namun tahukah jika bacaan istighfar juga termasuk salah satu jalan yang bisa menahan murka Allah itu datang? Allah menurunkan dua penyelamat umat Islam di dunia, yaitu keberadaan Nabi Muhammad dan istighfar. Jikalau sekarang Nabi Muhammad telah tiada, maka penyelamat tersebut masih tersisa satu, yaitu istighfar.


Istighfar termasuk zikir yang bisa menahan murka Allah itu bukanlah hasil penemuan baru. Hal tersebut sudah Allah firmankan dalam QS Thaha ayat 81. Jika kita merenungi ayat tersebut, sungguh rahmat Allah meliputi segala sesuatu yang mau memohon ampun pada-Nya. Ayat tersebut berbunyi sebagai berikut:

وَمَا كَانَ اللَّهُ لِيُعَذِّبَهُمْ وَأَنْتَ فِيهِمْ ۚ وَمَا كَانَ اللَّهُ مُعَذِّبَهُمْ وَهُمْ يَسْتَغْفِرُونَ

Dan Allah sekali-kali tidak akan mengazab mereka, sedang kamu berada di antara mereka. Dan tidaklah (pula) Allah akan mengazab mereka, sedang mereka meminta ampun.

Kenyataannya, istighfar tidak hanya bacaan untuk memohon maaf dan taubat kepada-Nya. Istighfar juga bisa bisa memberikan jalan selamat dari murka Allah. Dengan mengucapkan istighfar, secara tidak langsung kita memang sedang menyadari segala kesalahan yang telah lalu, sengaja ataupun tidak. Jika Allah telah mengampuni, maka yang ada adalah rahmat Allah.


Dengan demikian, jelas sudah murka Allah bisa kita tahan dengan memperbanyak membaca istighfar. Semoga Allah megampuni dan menyelamatkan kita. Aamiin.(cita septa)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *